Unduh Aplikasi

TERIMA TAHAPAN PILKADA

DPRA Minta KIP Rapat dengan TAPA Bahas Anggaran Pilkada

DPRA Minta KIP Rapat dengan TAPA Bahas Anggaran Pilkada
Komisi I DPRA dan KIP Aceh melakukan rapat koordinasi penyerahan SK Tahapan Pilkada, Rabu (20/1/2021). Foto: AJNN/Indra Wijaya

BANDA ACEH - Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) akan melakukan koordinasi dengan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Komisi II DPR RI dan KPU RI setelah ada putusan tahapan pilkada dari Komisi Independen Pemilihan Aceh.

"Ini jalan terus. Setelah ada putusan tahapan kita baru koordinasi," kata Ketua Komisi I DPRA, Tgk. Muhammad Yunus M Yusuf, saat penyerahan SK Tahapan, Program dan Jadwal Pilkada Aceh di Ruang Komisi I, Rabu (20/1/2021).

Ia mengatakan, pihaknya juga akan mendampingi KIP Aceh untuk berkoordinasi dengan KPU RI dan Mendagri.

"Masalah anggaran untuk perjalanan mungkin bisa segera dibahas," kata Yunus.

Karena KIP Aceh sudah menetapkan tahapan pilkada 2022, ia menyarankan agar KIP segera melakukan rekrutmen panwaslih dan melakukan rapat dengan Tim Anggaran Pemerintah Aceh (TAPA) untuk mempertajam besar anggaran ke KIP Aceh.

Baca: KIP Tetapkan Pilkada 2022, KPU: Harus Ada Koordinasi Mendagri dan DPR RI

"Setelah ini selesai, baru kita lakukan rakor (rapat koordinasi) se Aceh," ujarnya.

Sementara itu, Ketua KIP Aceh Samsul Bahri mengatakan, terkait adanya keterlambatan penetapan tahapan, program dan jadwal Pilkada Aceh 2022, disebabkan pihaknya harus melakukan kajian terlebih dahulu.

"Karena ada UU 11 juga dikatakan KIP harus berkoordinasi dan melakukan kajian dengan KPU RI," jelasnya.

Penetapan tahapan pilkada ini juga, sambung Samsul, bukan atas dasar desakan dan penekanan oleh DPRA dan Pemerintah Aceh.

"Ini memang sudah kewajiban kita untuk melakukan kajian dan juga sesuai dengan perintah Undang-undang," jelasnya.

"Keterlambatan ini karena tidak punya anggaran. Kalaupun kami belum punya anggaran, tapi kami terus bergerak," tambahnya.

Komentar

Loading...