Unduh Aplikasi

DPRA Lagi Bahas RAPBA 2021, Aneuk Muda Menggugat Lakukan Aksi Mogok Makan

DPRA Lagi Bahas RAPBA 2021, Aneuk Muda Menggugat Lakukan Aksi Mogok Makan
Tiga pemuda itu melakukan aksi mogok makan di depan Gedung DPRA. Foto: Mulyana Syahriyal

BANDA ACEH - Masyarakat yang mengatasnamakan Aneuk Muda Menggugat (AMM) melakukan aksi mogok makan di depan Gedung Dewan Perwakilan Rakyta Aceh (DPRA).

Aksi itu bentuk protes atas banyak permasaalah mendasar yang belum diselesaikan pasca 15 tahun perdamaian Aceh.

Saat tiga pemuda itu melakukan aksi mogok makan, anggota DPRA sedang menggelar rapat paripurna penyampaian pendapat akhir fraksi terhadap Rancangan Qanun Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh (APBA) tahun 2021.

Koordinator Aksi, Ichsan Kelda mengatakan, saat ini Aceh sedang tidak baik-baik saja, bahkan banyak janji dan poin-poin MoU Helsinki yang belum dipenuhi oleh pemerintah pusat

"Bahwa Aceh tidak baik baik saja, kami akan mogok makan hingga tumbang, mereka harus penuhi poin-poin ini karena ini untuk rakyat," kata Ichsan Kelda, Senin (30/11).

Ichsan Kelda meminta, agar pimpinan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) tidak abai dengan kondisi seperti ini, sebab semakin lama kesepakatan MoU Helsinki semakin jauh.

Saat ini, kata Ichsan Kelda, banyak masyakat yang belum mendapatkan hak-hak setelah konflik, bahkan hak-hak mantan kombatan juga terabaikan.

Bahkan, dana otonomi khusus untuk mengejar ketertinggalan pasca konflik tidak maksimal, sebab buktinya Aceh masih menjadi salah satu daerah termiskin di sumatera.

"Kalau pemerintah tidak serius terhadap masaalah tentang Aceh, kami akan mengecam mereka sebagai pengkhianat bangsa," tuturnya.

Ichsan Kelda menuntut, agar pemerintah pusat dan GAM serius merealisasikan poin-poin MoU Helsinky dan kekhususan Aceh dalam waktu segera mungkin.

Komentar

Loading...