Unduh Aplikasi

DPRA dan Pemerintah Aceh Sepakat Pilkada 2022, Safaruddin: Seharusnya KIP Sudah Bisa Buat Tahapan

DPRA dan Pemerintah Aceh Sepakat Pilkada 2022, Safaruddin: Seharusnya KIP Sudah Bisa Buat Tahapan
Wakil Ketua DPR Aceh, Safaruddin. Foto: RMOLAceh.id

BANDA ACEH - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA), Safaruddin mengungkapkan pihaknya dan Pemerintah Aceh sepakat pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dilaksanakan pada tahun 2022. 

Dalam Pilkada tahun 2022 mendatang, kata Safaruddin, Gubernur Aceh dan DPRA tetap mengacu pada Undang-Undang Pemerintah Aceh (UUPA) Nomor 11 Tahun 2006.

"Komisi I DPRA sudah melakukan konsolidasi dengan Komisi A DPRK se-Aceh, dan semuanya sepakat kalau Pilkada dilaksanakan pada 2022," kata Safaruddin, Selasa (24/11) di Banda Aceh.

Bahkan menurut Safaruddin,Pemerintah Aceh juga telah mengeluarkan sikap sepakat terkait pelaksanaan pesta demokrasi pada tahun 2022 itu.
 
Tapi, walaupun penyelenggaran Pilkada Aceh harus dilaksanakan pada 2022, namun mengingat masa jabatan Gubernur Aceh berakhir pada Juli 2022 maka pelaksanaan Pilkada harus dilaksanakan sebelum masa periode berakhir. hal itu menurutnya juga sudah ada dalam qanun.

"Tentu penyelenggaraannya harus dilaksanakan lebih cepat sebelum masa periode berakhir," ujar Safaruddin.

Seharusnya, jelas Safaruddin, dengan mengacu pada UUPA Nomor 11 Tahun 2006, Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh sudah mengambil keputusan terkait tahapan Pilkada Aceh pada 2022 mendatang.

"Kita ada regulasi sendiri yaitu UUPA, seharusnya KIP Aceh sudah mengambil keputusan terkait tahapan Pilkada Aceh. Bahkan Pemerintah Aceh sendiri sudah siap, sebab penyelenggaraan itu ada pada KIP bukan pada kita," ungkapnya.

Politisi Gerindra itu mengatakan, saat ini Pemerintah Aceh dan DPRA sudah menyiapkan dana untuk penyelenggaraan Pilkada 2022 dalam anggaran pendapatan dan belanja Aceh 2021 melalui biaya tak terduga (BTT)

Sehingga, ketika KIP Aceh telah melakukan koordinasi dengan KPU RI, dan sudah ada keputusan diselenggarakan 2022, maka anggaran itu sudah ada untuk digunakan pada Pilkada Aceh mendatang.

Pemkab Bener Meriah _Ramadhan

Komentar

Loading...