Unduh Aplikasi

DPRA akan Koordinasi dengan Mendagri Soal Teknis Pilkada Aceh

DPRA akan Koordinasi dengan Mendagri Soal Teknis Pilkada Aceh
Ilustrasi. Foto: Ist

BANDA ACEH - Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) dalam waktu dekat akan melakukan koordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Komisi II DPR RI dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI terkait teknis Pilkada serentak Aceh 2022.

Anggota Komisi I DPRA, Fuadri mengatakan saat ini pihaknya tengah menunggu hasil pleno Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh tentang tahapan pilkada.

"Kita menunggu hasil pleno KIP Aceh tentang tahapan Pilkada Aceh dalam minggu ini. Setelah itu DPRA akan Kordinasi dengan Kemendagri, Komisi II DPR RI dan KPU RI untuk bicarakan teknis," kata Fuadri kepada AJNN, Senin (18/1/2021).

Sebab kata Fuadri, persoalan Aceh juga harus menjadi salah satu masukan dan pertimbangan.

Oleh karena itu sambungnya, apa yang menjadi harapan masyarakat Aceh dapat menjadi pertimbangan ke Pemerintah Pusat terkait revisi undang-undang pemilu.

"Inikan berproses. Artinya belum mengambil sikap final bahwa Pilkada itu 2024," ucapnya.

Bisa jadi kata Fuadri, masih terbuka peluang pilkada serentak itu dilakukan 2023 dan 2024. Sebab belum ada finalisasi terkait kebijakan pilkada itu.

"Tapi sebenarnya 2022 juga masih berpeluang Aceh melaksanakan pilkada serentak," ucapnya.

Ia berharap apa yang sudah menjadi kekhususan Aceh itu dapat menjadi sebuah pertimbangan dalam penyusunan undang-undang.

"Kita punya kekhususan, apa yang sudah berjalan di Aceh dapat menjadi pertimbangan," pungkasnya.

Komentar

Loading...