Unduh Aplikasi

DPMPTSP Aceh Terus Berbenah untuk Peningkatan Investasi

DPMPTSP Aceh Terus Berbenah untuk Peningkatan Investasi
Ilustrasi. Foto: Topbusiness.id

BANDA ACEH - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Aceh terus melakukan terobosan-terobosan untuk meningkatkan kualitas sumber daya pegawainya dan nilai investasi terhadap Aceh.

Sekretaris DPMPTSP Aceh, Zulkarnaini mengatakan, sejauh ini pihaknya memang terus melakukan langkah-langkah baik untuk memberikan kemudahan dalam proses perizinannya.

"Tentunya dalam hal percepatan fasilitas perizinan tentu memberi segala lini kemudahan dalam hal penunjang untuk proses perizinan, itu salah satunya," kata Zulkarnaini kepada AJNN, Selasa (8/10).

Kata Zulkarnaini, DPMPTSP juga tidak pernah berhenti untuk mengalokasikan dana guna mempersiapkan dana dan segala perlengkapan yang dibutuhkan, termasuk dalam hal informasi teknologi.

"Kita juga tidak pernah berhenti mengalokasikan dana untuk kesiapan perlengkapan, informasi teknologi, semua seperti itu," ujarnya.

Zulkarnaini menuturkan, pihaknya memang sangat berkeinginan mengefektifkan pelayanan online, melalui website serta sistem aplikasi yang tersedia.

Lalu, pihaknya juga terus menekan adanya potensi-potensi pelayanan yang baik dari 23 kabupaten/kota se Aceh.

"Kita ingin efektif dalam hal cukup memediasi lewat online, ada web kita dan sistem aplikasi itu, menekan itu, potensi dari daerah 23 kabupaten/kota," tuturnya.

Selain itu, lanjut Zulkarnaini, DPMPTSP Aceh saat ini juga sedang menyusun draf tentang rancangan Peraturan Gubernur (Pergub) tentang insentif penanaman modal.

Untuk diketahui, proses rancangan awal kebijakan tersebut saat ini sudah dilakukan pembicaraan awal melalui Fakus Grub Diskusi (FGD) pertama. Nantinya akan terus dilakukan pertemuan selanjutnya guna merampungkan draf peraturan itu.

Rencana peraturan itu merupakan bagian dari meberikan pelayanan baik terhadap nilai investasi di Aceh. Seperti masalah kebijakan fiskal yang dibebankan kepada pengusaha jika hendak berinvestasi.

Kebijakan itu mengarah kepada beban investasi yang kemungkinan dapat diringankan dari tuntutan yang dibebankan seperti selama ini. Misalnya biaya pajak dan retribusi, semua itu akan diusahakan agar adanya insentif dari sisi pengurangan pajak maupun beban retribusi sendiri.

Selanjutnya, tambah Zulkarnaini, pihaknya juga melakukan terobosan nilai investasi melalui pertemuan-pertemuan hingga pameran potensi Aceh ke luar negeri. Langkah ini memang terus digalakkan pihaknya, sehingga benar-benar mampu memberikan yang terbaik untuk Aceh.

"Kita juga ikut event-event semacam pameran didalam maupun luar negeri untuk menyampaikan potensi-potensi kita, supaya minat investasi itu lebih tinggi," tandasnya.

Tak hanya itu, Zulkarnaini juga menegaskan bahwa dalam membangkitkan minat investasi ke Aceh, pihaknya terus meningkatkan sumber daya manusia terhadap para pegawai yang bertugas di dinas tersebut secara berkelanjutan, sehingga dapat memenuhi segala kebutuhan.

"Kita juga tidak pernah berhenti memberikan pembekalan untuk peningkatan sumber daya manusia yang bertugas di DPMPTSP Aceh, berkesinambungan sesuai dengan harapan dan apa yang dibutuhkan bisa terpenuhi," pungkas Zulkarnaini.

iPustakaAceh

Komentar

Loading...