Unduh Aplikasi

Doyan Jajan, Warga Nagan Raya Terkena HIV

Doyan Jajan, Warga Nagan Raya Terkena HIV
ilustrasi
NAGAN RAYA - Akibat gemar bertukar pasangan dalam berhubungan seks, seorang sopir truk terserang virus human immunodeficiency virus (HIV). Saat ini, sopir nahas itu dirawat di Rumah Sakit Zainoel Abidin, Banda Aceh. Sodri--sebut saja begitu--adalah pria beristri yang saat ini memiliki tiga anak.

"Saat ini dia (pasien dengan HIV) menjalani perawatan di Banda Aceh. Karena obat-obatanya lebih lengkap di sana,” kata Suherman, pengelola program HIV/AIDS di Dinas Kesehatan Nagan Raya, Suherman, Selasa (22/3).

Kepada Suherman, Sodri mengaku berulang kali melakukan hubungan seks di berbagai tempat saat membawa kendaraan ke luar kota. Ini adalah kasus pertama yang ditemukan oleh Dinas Kesehatan di Nagan Raya pada 2016.

Namun menurut Suherman, penyakit ini tidak hanya menyerang “orang jahat”. Menurut Suherman, virus yang belum ditemukan obatnya ini dapat juga ditularkan kepada ibu rumah tangga baik-baik yang memiliki suami “curang”, atau sebaliknya.

HIV/AIDS tersebar lewat tiga jalur, yakin seks bebas, penggunaan jarum suntik lebih dari satu orang dan transfusi darah. HIV berada terutama dalam cairan tubuh manusia. Cairan yang berpotensial mengandung virus HIV adalah darah, cairan sperma, cairan vagina dan air susu ibu. Sedangkan cairan yang tidak berpotensi untuk menularkan virus HIV adalah cairan keringat, air liur, air mata dan cairan lainnya.

Komentar

Loading...