Unduh Aplikasi

Dorong Transparansi, KANA Minta BPK Ungkap Hasil Pemeriksaan Keuangan Aceh Timur

Dorong Transparansi, KANA Minta BPK Ungkap Hasil Pemeriksaan Keuangan Aceh Timur
Gedung BPK di Aceh. Foto: puteriamirillis.wordpress.com

ACEH TIMUR - Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat Komunitas Aneuk Nanggroe (LSM KANA) Muzakir meminta Badan Pemeriksaan Keuangan perwakilan Aceh mempublikasikan laporan hasil pemeriksaaan keuangan terhadap Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK) Aceh Timur

"Laporan hasil pemeriksaan (LHP) wajib dipublikasikan karena merupakan hak rakyat untuk mendapatkan informasi," kata Muzakir, pada Selasa (27/12).

Muzakir merasa heran karena tak sekalipun BPK mempublikasikan LHP di SKPK. Padahal setiap empat bulan, lembaga ini melakukan pemeriksaan. Namun tidak satupun ditemukan penyimpangan. Padahal di lapangan, penyimpangan ini sangat jelas terlihat.

"Mereka menganggap laporan keuangan sebuah rahasia negara. Ini adalah anggapan yang lucu," kata Muzakir.

Muzakir menilai sikap BPK perwakilan Aceh ini melanggar UU Nomor 15 Tahun 2006 tentang BPK, dan UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Bahkan dalam Undang-Undang BPK, hasil audit yang dilakukan lembaga tersebut wajib dipublikasikan.

Undang-undang itu mengamanahkan upaya hukum untuk memberikan sanksi pidana maupun perdata jika dalam waktu 60 hari setelah ditemukan penyimpangan tindak ditindaklanjuti. Namun jangankan menindak penyimpangan, mengungkapkan hasil pemeriksaan saja tidak dilakukan oleh BPK.

Komentar

Loading...