Unduh Aplikasi

Dongkrak Wisatawan, Dibudpar Aceh Gelar 100 Event Wisata

Dongkrak Wisatawan, Dibudpar Aceh Gelar 100 Event Wisata
Kepala Disbudpar Aceh, Jamaluddin. Foto: AJNN.Net/Fauzul Husni

BANDA ACEH - Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh bakal melaksanakan 100 event atraksi wisata pada tahun 2019. Kegiatan itu dilakukan untuk mempromosikan Aceh guna mendongkrak kunjungan para wisatawan.

Kepala Disbudpar Aceh, Jamaluddin mengatakan kegiatan berjuluk Aceh Hebat melalui Ragam Pesona Wisata 2019 itu menampilkan banyak atraksi wisata berbasis alam, budaya dan berkarakter daerah yang telah dirangkum dalam Calendar of Events Aceh.

Pelaksanaan event itu juga melibatkan seluruh stakeholder terkait, khususnya Pemerintah Kabupaten/Kota, pelaku budaya dan pariwisata Aceh, komunitas, media, Generasi Pesona Indonesia (Genpi) Aceh, dan pemerintah melalui Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI.

"Soft Launching Calendar of Events Aceh 2019 bertujuan, tidak hanya memperkenalkan ragam daya tarik wisata dan keunikan atraksi daerah kepada wisatawan, menarik minat wisatawan berkunjung ke Aceh untuk menikmati pesona alam dan budaya serta kearifan lokal masyarakat Aceh dan mempromosikan Aceh sebagai salah satu destinasi wisata berbasis “halal”," kata Jamaluddin saat menggelar jumpa pers di aula Disbudpar Aceh, Senin (25/2).

Kata Jamaluddin, untuk membangun semangat dan komitmen pemerintah kabupaten/kota sebagai Chief Executive Omcer (CEO) dalam memperkenalkan daerah mereka masing-masing sebagai destinasi wisata yang aman, nyaman dan menawan bagi setiap wisatawan.

Nantinya, Calendar of Events Aceh 2019 bakal dilaunching langsung oleh Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya bersama Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah pada pertengahan Maret 2019 di Jakarta.

100 event atraksi wisata tersebut bukan hanya dilaksanakan atas inisiatif Disbudpar Aceh saja, melainkan dari beberapa sumber instansi lainnya, seperti pemerintah kabupaten/kota, SKPA dan Komunitas yang memiliki kepedulian dalam mempromosikan daerah masing-masing.

"Dari Disbudpar Aceh ada 47 event, kabupaten/kota Se-Aceh 49 event, dan dari SKPA atau lnstansi Pemerintah lainnya 4 event," ujarnya.

Jamaluddin menyebutkan, Calendar of Events Aceh 2019 yang dikemas dengan nuansa wisata halal tersebut dibagi dalam dua segmen, yakni 10 Top Event Aceh dan 90 event unggulan Aceh 2019.

Khusus 10 Top Event Aceh tersebut, tiga diantaranya masuk dalam 100 Calendar of Events Wonderful Indonesia 2019 Kemenpar RI, yaitu Aceh Culinary Festival 2019 di Banda Aceh, 5-7 Juli 2019), Saman Gayo Alas Festival di Blangkejeren, Gayo Lues pada 18 Agustus 2019 dan Aceh International Diving Festival di Sabang, 6-7 Oktober 2019.

Dalam kesempatan itu, Jamaluddin menuturkan, bila semakin banyak jumlah atraksi wisata yang akan dihelat, maka dapat mengembangkan destinasi wisata baru dengan berbagai sarana dan prasarana pendukung seperti mempromosikannya ke dunia maya.

"Akan semakin viralnya pesona wisata Aceh di berbagai dunia maya dan akan semakin terbukanya Aceh kepada wisatawan sebagai destinasi yang aman, nyaman dan menawan," tutur Jamaluddin.

Hal senada juga diutarakan Kepala Bidang Pemasaran Disbudpar Aceh, Rahmadhani. Ia menambahkan serangkaian atraksi wisata unik dan menarik yang akan digelar sepanjang tahun 2019 tersebut melibatkan semua stakeholder serta semua pihak dari unsur masyarakat Aceh.

"Diharapkan, tidak hanya mampu menarik kunjungan wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara ke Aceh, tetapi juga mampu membangun semangat entrepreneurship bagi pelaku industri pariwisata di daerah," ujar Rahmadhani.

Komentar

Loading...