Unduh Aplikasi

Dokter Jalani Isolasi, Rawat Inap Puskesmas Manggeng Dihentikan Sementara

Dokter Jalani Isolasi, Rawat Inap Puskesmas Manggeng Dihentikan Sementara
Ilustrasi. Foto: Net

ACEH BARAT DAYA - Dinas Kesehatan Aceh Barat Daya melakukan isolasi mandiri terhadap puluhan tenaga medis Puskesmas Manggeng. Isolasi mandiri itu dilakukan setelah salah seorang pasien di puskesmas tersebut positif corona usai dilakukan rapid tes oleh pihak Rumah Sakit Teungku Peukan, Abdya.

Kepala Dinkes Abdya, Safliati, mengatakan dari puluhan tenaga medis yang jalani rawat inap di Puskesmas Manggeng, dua diantaranya merupakan dokter yang bertugas di puskesmas tersebut.

“Jumlah tenaga medis yang kami isolasi mandiri itu berjumlah 24 orang termasuk dua orang dokter. Kan kemarin sistemnya shift (bergantian). Jadi pasien ini sempat dirawat dua malam makanya kami isolasi sebanyak 24 perawat yang bertugas dua hari itu,” kata Safliati, saat dihubungi AJNN, Jumat (10/4).

Dikatakannya, untuk dokter awalnya yang menjalani isolasi mandiri hanya satu orang, namun setelah mendapat informasi ternyata kedua dokter ikut kontak dengan pasien, sehingga kedua dokternya terpaksa jalani isolasi mandiri.

Akibatnya, saat ini di puskesmas tersebut tidak ada dokter jaga karena dua dari tiga dokter terpaksa jalani isolasi mandiri selama 14 hari, sedangkan seorang dokter lainnya menolak bertugas di puskesmas tersebut.

“Sebenarnya kami ada tiga dokter, namun satu dokter lagi tidak mengambil kontraknya. Sehingga saat ini tidak ada dokter disana. Kalau untuk tenaga medis lainnya yang jalani rawat jalan ada,” kata dia.

Untuk itu, kata Safliati, pihaknya terpaksa melakukan penghentian sementara untuk rawat inap di puskesmas itu. Sedangkan untuk rawat jalan, tetap akan berjalan seperti biasanya. Saat ini pihaknya sedang mengupayakan dokter yang bertugas untuk pelayanan rawat inap.

“Untuk rawat ini tetap jalan. Kami sudah bicarakan ke sekda, dan kami akan cari satu dokter pengganti dokter yang tidak mengambil kontraknya itu. Insyaallah Senin kami upayakan rawat jalan berjalan,” sebutnya.

Gemas-Dinas pendidikan aceh

Komentar

Loading...