Unduh Aplikasi

Doakan Keselamatan Muslim di Syam, Burma dan Palestina, Jamaah Masjid Al Furqan Gelar Qunut Nazilah

Doakan Keselamatan Muslim di Syam, Burma dan Palestina, Jamaah Masjid Al Furqan Gelar Qunut Nazilah
Para mujahidin penentang rezim Bashar al Assad di Aleppo, Syiria. Foto: reuters

BANDA ACEH - Ratusan jamaah salat Jumat (16/12), di Masjid Al Furqan, Beurawe, Banda Aceh, melaksanakan qunut nazilah. Qunut ini adalah doa untuk kaum muslim di Syam (Syiria), Burma, dan Palestina yang saat ini digempur oleh kaum kafir. Doa ini juga disampaikan kepada kaum muslim yang saat ini tertimpa bencana di Pidie Jaya, Pidie, dan Bireuen.

Sejak Kamis kemarin, ribuan orang di Aleppo dievakuasi dari wilayah pertahanan terakhir kelompok oposisi. Seperti ditulis republika.co.id, konvoi ambulans dan bus-bus mengangkut sekitar 1.000 orang keluar dari reruntuhan Kota Aleppo. Kota yang selama ini dikepung dan dibombardir oleh Pemerintah Suriah untuk mengusir kelompok oposisi dari sarangnya.

Televisi Suriah menyatakan, 15 bus meninggalkan Aleppo. Sebagian bus mencapai area Al Rashideen. Komite Internasional Palang Merah menyatakan, 3.000 warga dan 40 lebih orang yang terluka, termasuk anak-anak dievakuasi dari Aleppo.

Pejabat Komite Internasional Palang Merah Robert Mandini mengatakan pihaknya belum memiliki rencana jelas bagaimana mengeluarkan milisi kelompok oposisi. "Kami masih belum tahu bagaimana mengeluarkan milisi kelompok oposisi yang diperbolehkan keluar dari Aleppo sejak gencatan senjata menuju area di luar yang dikontrol pemerintah," katanya seperti dilansir Reuters.

Pertempuran di Aleppo berakhir setelah pasukan oposisi sepakat mundur lewat gencatan senjata, Selasa lalu. Perang di Aleppo berlangsung selama bertahun-tahun. Dengan demikian, pemerintah Suriah mengambil kendali atas wilayah tersebut.

Ini menjadi salah satu perang terburuk antara oposisi, pasukan Assad dan kekuatan internasional. Perang berakhir dengan kemenangan pasukan Bashar al Assad dan koalisinya, militer Rusia, Iran dan militan Syiah regional.

Mundurnya pasukan oposisi akan dimulai pada Rabu pagi. Meski demikian, pertempuran Suriah masih jauh dari akhir. Pejuang pembebasan Suriah masih punya kantong-kantong kuat di daerah lain. Apalagi ISIS telah mengambil alih kota kuno Palmyra pekan ini.

Komentar

Loading...