Unduh Aplikasi

DLH Aceh Barat Minta Dewan Tidak Salah Nilai Soal Adipura

DLH Aceh Barat Minta Dewan Tidak Salah Nilai Soal Adipura
Wakil Ketua DPRK Aceh Barat, Ramli SE saat meninjau pantai

ACEH BARAT - Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Aceh Barat, Mulyadi, mengklarifikasi pernyataan Wakil Ketua satu Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) setempat, Ramli SE, yang menyebutkan jika pemerintah setempat jangan bermimpi memperoleh adipura dengan banyaknya tumpukan sampah di sepanjang Pantai Peunaga Pasie, Kecamatan Meureubo, Kabupaten Aceh Barat.

Menurut Mulyadi, keberadaan sampah di sepanjang pantai Peunaga Pasie yang diperkirakan oleh Ramli SE hingga Padang Seurahet atau sepanjang delapan kilometer itu tidak ada hubungannya dengan target Pemerintah Kabupaten Aceh Barat yang ingin mendapatkan adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Baca: Wakil Ketua DPRK: Jangan Mimpi Aceh Barat Dapat Adipura

"Sampah di kawasan Pantai Peunaga Pasie tidak ada hubungan dengan target untuk meraih adipura. Adipura memiliki titik pantau sendiri untuk dibenahi dan dilanjutkan pembinaannya," kata Mulyadi, kepada AJNN, Kamis, (28/11).

Dikatakan Mulyadi, target ingin memperoleh adipura oleh pemerintah kabupaten setempat juga bukan harga mati yang harus didapatkan pada tahun 2020 ini.

Namun, kata dia, target yang paling penting yang dilakukan DLH saat ini untuk mewujudkan Aceh Barat khususnya Kota Meulaboh menjadi kota yang bersih dan bebas sampah untuk mendukung visi misi Bupati dan Wakil Bupati Aceh Barat Periode 2017-2022.

Untuk itu, kata dia, agar apa yang menjadi target pihaknya tersebut sangat dibutuhkan dukungan dari Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) setempat sehingga keberhasilan menjadikan kota bersih dan sehat tercapai.

"Menurutnya jika dikaji dari statemen wakil ketua DPRK Aceh Barat, Ramli SE, sebenarnya bukan masalah bermimpi tapi mengejar target untuk membenahi Meulaboh, Aceh Barat terbebas dari sampah," ujarnya.

Mulyadi mengakui dalam merubah Kabupaten tersebut terbebas dari sampah bukan hal yang mudah, mengingat apa yang dilakukan tersebut adalah merubah prilaku masyarakat.

Untuk itu Mulyadi berharap kepada DPRK untuk terus memberikan masukan dan pembinaan kepada pihaknya untuk menjadikan Aceh Barat bebas sampah.

Menanggapi terkait penangangan sampah di sepanjang pantai Peunaga Pasie, kata dia, harus ada perencanaan dari pihak kecamatan setempat dengan perangkat desa, sementara DLH sebutnya akan memberikan dukungan berupa armada angkutan sampah jika dibutuhkan.

Jika nantinya dalam penanganan sampah tersebut ada dukungan dari PT Mifa Bersaudara berupa bantuan alat berat sebutnya maka itu akan lebih baik lagi dalam mebersihkan pantai.

"Biasanya Mifa tanpa diminta akan langsung berkoordinasi dengan desa setempat untuk pembersihan sampah. DLH juga siap berkoordinasi dengan PT Mifa untuk meminta bantuan pembersihan sampah," ungkapnya.

Gemas-Dinas pendidikan aceh

Komentar

Loading...