Unduh Aplikasi

TERBUKTI LANGGAR KODE ETIK

DKPP Berhentikan Ketua KIP dan Panwaslih Aceh Besar

DKPP Berhentikan Ketua KIP dan Panwaslih Aceh Besar
Foto: Net

BANDA ACEH - Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI telah memberhentikan secara tetap Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP), Cut Agus Fathillah dan Ketua Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Aceh Besar Adinirwan.

Pemberhentian tersebut disampaikan dalam persidangan pembacaan putusan oleh DKPP RI di Ruang Sidang DKPP, Jalan MH Thamrin No 14 Jakarta, Rabu (9/10).

Amatan AJNN, dalam video siaran langsung pembacaan putusan melalui akun facebook resmi DKPP itu, Cut Agus dan Adinirwan dinyatakan telah melanggar ketentuan peraturan DKPP nomor 2 tahun 2017 tentang kode etik penyelenggara Pemilu.

"Melanggar peraturan DKPP Nomor 2 tahun 2017 tentang Kode Etik penyelenggara Pemilu," baca salah seorang majelis hakim.

Karena telah terbukti melanggar kode etik, maka DKPP mengabulkan seluruh permohonan pengadu yakni oleh Ketua DPW Partai Aceh Kabupaten Aceh Besar Saifuddin Yahya alias Pak Cek.

"Menjatuhkan sanksi pemberhentian tetap Cut Agus Fathillah selaku ketua merangkap anggota KIP Aceh Besar sejak putusan ini dibacakan," ucap Ketua majelis hakim, Harjono.

Selain itu, DKPP juga menjatuhkan sanksi peringatan terhadap empat anggota KIP Aceh Besar lainnya yakni Agus Samsidi, Muhammad Hayat, Miswar dan Junaidi.

"Memerintahkan KIP Aceh dan KPU RI untuk menindaklanjuti putusan ini paling lama tujuh hari sejak putusan ini dibacakan," ujarnya.

DKPP juga meminta kepada Bawaslu agar dapat mengawasi putusan tersebut.

Kemudian, Ketua Panwaslih Aceh Besar juga dinilai majelis hakim DKPP telah terbukti melanggar kode etik penyelenggara Pemilu.

"Memutuskan, menjatuhkan sanksi pemberhentian tetap Adinirwan selaku ketua merangkap anggota Panwaslih Aceh Besar terhitung sejak dibacakan putusan ini," tuturnya.

Atas putusan tersebut, DKPP memerintahkan Panwaslih Aceh dan Bawaslu RI untuk menindaklanjuti putusan ini paling lama tujuh hari sejak putusan ini dibacakan.

iPustakaAceh

Komentar

Loading...