Unduh Aplikasi

DKP Abdya Serahkan Kartu Asuransi kepada Nelayan

DKP Abdya Serahkan Kartu Asuransi kepada Nelayan
ilustrasi

ACEH BARAT DAYA - Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Abdya Muslim Hasan menargetkan 4 ribu orang nelayan yang tersebar di kabupaten setempat harus mendapatkan asuransi dari pemerintah pusat.

"Dari 4.000 nelayan yang ada di Abdya, 2.500 kita targetkan kartu asuransi, namun untuk mewujudkan itu semua nelayan itu harus mempunyai kartu nelayan," kata Kadis DKP Abdya, Muslim Hasan, Selasa (8/11).

Muslim menjelaskan syarat untuk memperoleh asuransi nelayan harus bisa dibuktikan dengan kartu nelayan dan dilengkapi dokumen kartu keluarga dan buku rekening ahli waris dan kuasa ahli waris.

“Hingga saat ini jumlah nelayan kita yang sudah mendapatkan kartu asuransi sekitar 252 nelayan atau sekitar 10 persen dari 1.300 nelayan yang sudah mendapatkan kartu nelayan,” tutur Muslim.

Namun tambahnya, untuk saat ini banyak nelayan Abdya belum memiliki kartu nelayan sehingga sedikit kesulitan untuk memperoleh asuransi dari pemerintah, namun demikian pihaknya akan bekerja ekstra keras supaya 4.000 nelayan bisa memperoleh kartu nelayan sehingga target sekitar 2.500 nelayan bisa diasuransikan akan terwujud.

Jika nelayan mendapatkan asuransi, kata Muslim, maka berdasarkan perjanjian kontrak disebutkan bahwa besaran premi asuransi untuk setiap orang nelayan per tahun mendapatkan Rp 175 ribu.

Sementara nilai manfaat yang akan diterima oleh nelayan adalah,santunan kecelakaan akibat melakukan aktivitas penangkapan ikan seperti kematian sebesar Rp 200 juta, cacat tetap Rp 100 juta dan biaya pengobatan Rp 20 juta.

Di samping itu, kata Muslim, untuk santunan kecelakaan akibat selain melakukan aktivitas penangkapan ikan misalkan nelayan yang diasuransikan meninggal akibat kecelakaan/kematian alami mendapatkan Rp 160 juta, cacat tetap Rp 100 juta dan biaya pengobatan Rp 20 juta.

Dengan adanya program tersebut, Muslim berharap kepada nelayan terutama yang mendapatkan kartu asuransi supaya bisa memotivasi dan membantu rekan-rekan lainnya untuk memperoleh kartu asuransi itu. "Kami sangat berharap supaya yang sudah dapat bisa membantu nelayan lain," pintanya.

Komentar

Loading...