Unduh Aplikasi

DKP Abdya gelar Bimtek pengembangan usaha nelayan

ACEH BARAT DAYA – Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) Kamis kemarin adakan bimbingan teknis (Bimtek) diversifikasi pengembangan usaha nelayan dalam upaya budidaya kepiting soft shell crab (Soka).

Kepala Dinas DKP Abdya Ir Muslim kepada AJNN menyebutkan, Pelatihan diversifikasi usaha nelayan dan wanita nelayan di Kabupaten Abdya dilaksanakan atas kerjasama dengan pihak DKP Provinsi Aceh.

“ Kalau pesertanya dari dua kabupaten, Aceh Singkil dan Abdya”  ungkap Muslim.
Ia juga menjelaskan, tujuan pelatihan diversifikasi bimbingan teknis budidaya kepiting soka adalah bentuk pengembangan usaha, peningkatan pendapatan, pengurangan kemiskinan dan pertumbuhan ekonomi para nelayan.


“ Pelatihan sehari penuh yang pesertanya dari kaum wanita dan kaum lelaki itu berlangsung di aula Gedung Pertemuan Susoh dengan narasumbernya dari Kementrian Kelautan RI, yaitu Ganef Hari Budoyo. A.PI, MM dan Cut Sri Haswirna dari DKP Provinsi Aceh,” jelas Muslim.


Menurut kepala Dinas DKP Abdya itu, tolak ukur kegiatan tersebut dalam bentuk meningkatkan pendapatan rumah tangga nelayan yang bersumber dari usaha budidaya kepiting soka, dan menambahnya jumlah pengusaha.


Selain  itu, peran wanita dalam pelatihan diversifikasi sangat penting agar dapat memahami pembudidayaan berbagai jenis hasil nelayan dan produk olahan hasil perikanan.

Budidaya kepiting soka merupakan salah satu kegiatan pengembangan ekonomi wilayah yang menjanjikan dan diharapkan dari kegiatan ini dapat merangsang terjadinya pertumbuhan ekonomi nelayan melalui usaha kepiting soka.

“Dalam rangka mengurangi tekanan pemamfaatan sumberdaya alam serta meningkatkan pendapatan para nelayan, maka diversifikasi usaha tambak air payau ini harus segera kita kembangkan disemua kawasan pesisir Abdya,” ujar Muslim

SUPRIAN


Komentar

Loading...