Unduh Aplikasi

Divonis Bebas, Mantan Wali Kota Sabang Zulkifli H Adam Sujud Syukur

Divonis Bebas, Mantan Wali Kota Sabang Zulkifli H Adam Sujud Syukur
Zulkifli H Adam melakukan sujud syukur atas vonis bebas. Foto: AJNN/Tommy

BANDA ACEH - Mantan Wali Kota Sabang, Zulkifli H Adam terdakwa kasus korupsi pengadaan tanah untuk pembangunan perumahan guru di vonis bebas oleh Majelis Hakim dalam sidang pembacaan putusan di Pengadilan Tipikor Banda Aceh, Jumat (7/2).

Sidang yang dipimpin ketua majelis Muhifuddin dan didampingi dua hakim anggota menyatakan terdakwa tidak terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindakan pidana sebagaimana dalam dakwaan jaksa penuntut umum.

Baca: Mantan Wali Kota Sabang Zulkifli H Adam Minta Dibebaskan dari Tuntutan

"Menyatakan terdakwa tidak terbukti bersalah melakukan tidak pidana dalam dakwaan subsidair melanggar pasal 3 juncto pasal 18 ayat Undang-undang nomor 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidanan korupsi sebagai mana diubah dengan UU nomor 20 tahun 2001," kata majelis hakim.

Dalam amar putusan, hakim menilai terkait jual beli tanah tidak adanya unsur mark up. Seluruh proses pencairan dana dilakukan melalui proses mekanisme yang berlaku.

Hakim Ketua Muhifuddin dalam vonis tersebut mengatakan Zulkifli H Adam terbebas dari tuntutan penuntut umum yang menjeratnya dengan hukuman penjara selama tiga tahun sembilan bulan.

Segera setelah putusan vonis tersebut dibacakan seluruh hak- hak terdakwa akan segera dipulihkan termasuk harkat dan martabatnya

Selain itu barang bukti berupa tanah seluas 1.306 M² di Paya Seunara dan tanah seluas 6.653 M² di Suka Karya Sabang beserta sertifikat hak milik atas nama Zulkifli H Adam dapat dikembalikan kepada terdakwa.

Setelah membacakan putusan Zulkifli H Adam, majelis hakim juga membacakan vonis bebas terhadap mantan sekretaris dinas pendidikan kota Sabang, Misman dalam kasus yang sama.

Usai hakim membacakan putusan tersebut, Zulkifli H Adam dan Misman langsung melakukan sujud syukur atas vonis bebas tersebut.

Iklan Kriyad

Komentar

Loading...