Unduh Aplikasi

Ditanya Persoalan Penanggulangan Gempa, Ini Jawaban Said Mulyadi

Ditanya Persoalan Penanggulangan Gempa, Ini Jawaban Said Mulyadi
Debat publik calon Bupati dan Wakil Bupati Pidie Jaya periode 2018-2023 di aula utama gedung DPRK setempat, Jumat (22/6).

PIDIE JAYA - Pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Pidie Jaya, Yusri Yusuf-Saifullah mempertanyakan kepada paslon incumbent Aiyub Abbas-Said Mulyadi menyangkut penanggulangan musibah gempa yang terjadi pada 7 Desember 2016 lalu.

Menurut paslon yang diusung partai Nasdem itu, kehadiran kepala daerah untuk menyelesaikan seluruh persoalan dalam masyarakat. Apalagi Pidie Jaya pernah mengalami gempa pada Desember 2016 lalu. Namun sampai sekarang penanggulangan yang dilakukan pemerintah setempat belum membaik.

"Yang ingin kami tanyakan, kenapa dan dimana permasalahannya sehingga sampai saat ini program untuk penanggulangan korban gempa termasuk menyangkut pendataan belum 100 persen membaik," tanya paslon nomor urut 1 dalam sesi debat kandidat Pilkada Pidie Jaya yang berlangsung di gedung DPRK setempat, Jum'at (22/6)

Menanggapi pertanyaan tersebut, Paslon nomor 2, Aiyub Abbas-Said Mulyadi mengatakan, seluruh aparatur pemerintah Kabupaten Pidie Jaya bersama seluruh unsur muspida telah melakukan beberapa kegiatan penanggulangan setelah musibah gempa terjadi pada Desember 2016 lalu.

Sistem penanggulangan yang dilakukan yaitu dengan memverifikasi data jumlah korban jiwa, harta benda milik masyarakat, kantor pemerintah maupun kerusakan fasilitas umum lainya.

Selanjutnya pada Januari 2017, Pemerintah Pidie Jaya menyampaikan hasil pendataan yang telah diverifikasi kepada pemerintah pusat, sehingga mendapat kucuran anggaran sebesar Rp 2,7 triliun untuk penanganan bencana gempa.

“Ini semua berkat kerjasama aparatur pemerintahan, serta peran aktif dari TNI dan Polri yang telah mendukung berbagai program yang dilakukan pemerintah menyangkut penaggulangan musibah gempa pada saat itu,” ujar Paslon Aiyub Abbas-Said Mulyadi.

Said Mulyadi menyampaikan, dari tiga kabupaten yang mengalami musibah gempa, Kabupaten Pidie Jaya termasuk salah satu daerah yang mengalami rusak parah. Meski demikian, menurut penilaian pemerintah pusat, Kabupaten Pidie Jaya merupakan salah satu daerah yang paling pertama menyelesaikan berbagai persoalan.

Komentar

Loading...