Unduh Aplikasi

Ditahan Usai Demo, IPELMASRA Desak Polisi Segera Bebaskan Arwan Syahputra

Ditahan Usai Demo, IPELMASRA Desak Polisi Segera Bebaskan Arwan Syahputra
Foto: Ist

BANDA ACEH - IPELMASRA Banda Aceh melalui Kabid Olahraga T. Zia Alyazir Mukti  meminta Polres Batubara, untuk membebaskan Arwan Syahputra yang diamankan pasca aksi Tolak UU Cipta Kerja (Omnibus Law) di Gedung DPRD  Batubara, Sumatera Utara Selasa, (12/10) lalu.

Arwan Syahputra yang juga merupakan Mahasiswa Program Studi Hukum Tata Negara Universitas Malikulsaleh Lhokseumawe ini diketahui diamankan Kepolisian Resor Batubara, Sumatera Utara bersama 42 orang lainnya setelah terjadi kericuhan pada saat aksi berlangsung.

"Kami atas nama IPELMASRA Banda Aceh mendesak Kepolisian Resor Batubara untuk  membebaskan Arwan Syahputra karena sejatinya kebebasan berekspresi itu dijamin oleh konstitusi", Tegas T. Zia atau kerap disapa Popon.

Lebih lanjut Popon juga menyatakan jangan sampai kejadian yang menimpa Arwan ini mengarah pada salah satu bentuk pembungkaman kebebasan berpendapat, yang sejatinya dijamin oleh Konstitusi, yaitu Pasal 28 UUD 1945,  Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1998 tentang Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat di Muka Umum, dan juga kebebasan mengemukakan pendapat telah diakui dunia internasional yang dokumentasinya dapat dilihat pada Pasal 9 DUHAM (Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia)

Sebelumnya, Anwar Syahputra yang juga merupakan Ketua Umum HMI Komisariat Hukum UNIMAL  tersebut sedang pulang kampung di Kabupaten Batubara yang kemudian ikut bergabung dan turut andil dalam aksi tersebut bersama kalangan mahasiswa dan kelompok buruh setempat. Kemudian setelah selesai aksi, 42 demonstran tersebut diamankan di Polres Batubara, dan hingga saat ini terdapat kurang lebih 7 orang diantaranya ditetapkan sebagai tersangka.

Dari informasi yang diterima, pada Selasa 20 Oktober 2020, Anwar sendiri dijemput oleh dua orang di Mensa Kupi Bathupat, Lhokseumawe menggunakan mobil Fortuner, setelah penjemputan tersebut Arwan hilang kontak dengan teman-teman mahasiswa lainnya. Dan informasi terkini Arwan Syahputra telah diamankan di Polres Batubara, Sumatera Utara.

"Kami meminta kepada kepada seluruh aliansi BEM Universitas dan Paguyuban Mahasiswa Se-Aceh untuk menolak seluruh tindakan pembungkaman berekpresi sehingga nafas perjuangan tetap berhembus, dan demokrasi tetap terjaga," tutupnya.

|MELLI SAPUTRI

Komentar

Loading...