Unduh Aplikasi

Distanak Abdya Diminta Serius Tangani Masalah Hama

Distanak Abdya Diminta Serius Tangani Masalah Hama

ACEH BARAT DAYA - Petani di sejumlah Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) meminta agar Dinas Pertanian dan Perternakan Kabupaten setempat serius menangani masalah hama yang menyerang tanaman padi mereka.

“Kita minta agar dinas terkait untuk lebih serius menanggani persoalan hama yang dihadapi oleh sejumlah petani saat ini,” kata Hamdan, seorang petani di Kecamatan Lembah Sabil kepada AJNN Selasa (20/12).

Ia menjelaskan, keseriusan yang dimaksud ialah menyangkut dengan kerja keras dinas dalam menangani persoalan hama yang menyerang tanaman padi petani.

“Kalau masalah hama keong Alhamdulillah sudah tidak ada lagi, selain karena tanaman padi sudah besar, cuaca di Abdya sedikit membaik,” tutur Hamdan.

Selain itu tambahnya, para petani juga meminta pihak Distanak agar bisa bergerak cepat, sehingga serangan hama terhadap tanaman padi milik petani bisa teratasi dengan segera.

"Jadi, kalau ada antisipasi seperti racun tersedia, maka akan mudah untuk dilakukan pencegahan dan ini juga bertujuan supaya serangan tidak meluas. Tetapi yang terjadi saat petani tidak memiliki stok racun terpaksa harus mengurus dulu, sementara hama di sawah semakin parah,” imbuh Hamdan.

Permintaan tersebut tidak saja datang dari petani di Lembah Sabil akan tetapi Sudirman petani di Kecamatan Juempa juga menginginkan hal serupa, agar Distanak Abdya untuk lebih bekerja ekstra keras, untuk menangani keluhan para petani.

“Semua petani menginginkan hasil yang baik dan berkualitas, tetapi itu semua bisa terwujud jika pihak dinas dan petani menangani keluhan para petani,” tuturnya.

Karena lanjutnya, bila tanaman padi sudah diserang hama maka dikhawatirkan akan berpengaruh pada menurunya hasil produksi padi.

“Kalau kualitas batang dan kesuburan padi tidak bagus karena serangan hama, kemungkinan besar akan berpengaruh pada hasil produksi gabah," tutur Sudirman.

Untuk itu tambahnya, Distannak Abdya, harus benar-benar serius menanggani masalah yang dihadapi para petani sehingga ke depan hasil panen yang diharpakan bisa terwujud.

Komentar

Loading...