Unduh Aplikasi

Distan Aceh Jaya Bantah Dugaan Bantuan Bibit Sawit Fiktif

Distan Aceh Jaya Bantah Dugaan Bantuan Bibit Sawit Fiktif
Ilustrasi. Foto: Pojokcelebes

ACEH JAYA - Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Jaya membantah tudingan ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Aceh Jaya yang menyebutkan bantuan dari Distan Aceh Jaya kepada kelompok tani Tgk Di Batee diduga fiktif.

Bantahan tersebut disampaikan Kasi Produksi Bidang Perkebunan Dinas Pertanian Aceh Jaya, Feri Alfian didampingi tim verifikasi serta Keuchik Seuneubok Padang, Kecamatan Teunom, Kabupaten Aceh Jaya.

Baca: KTNA Aceh Jaya Duga Penyaluran Bantuan Bibit Sawit Distan Fiktif

"Sebenarnya bantuan tersebut tidak fiktif, dan kami memberikan bantuan tersebut berdasarkan permohonan yang dibuat oleh sub bidang perkebunan kelompok tani Tgk Di Batee yang direkomendasi keuchik setempat serta mendapat rekom dari BPP Kecamatan Teunom," kata Feri Alfian kepada AJNN, Senin (25/11).

Katanya, sebanyak tujuh orang penerima bantuan bibit sawit itu merupakan petani warga Gampong Seuneubok Padang, Kecamatan Teunom serta juga merupakan anggota dari sub bidang pertanian kelompok tani Tgk Di Batee.

"Jadi tidak mungkin fiktif, karena penerimanya memang benar-benar petani warga desa setempat serta sudah diverifikasi oleh tim," terang Feri.

Namun ia menduga persoalan ini hanya mis komunikasi antara sub bidang perkebunan dengan ketua kelompok tani Tgk Di Batee terkait bantuan bibit sawit yang disalurkan Distan Aceh Jaya pada beberapa waktu lalu.

"Bukan fiktif, penerima ada dan benar petani warga setempat serta lahan juga ada, mungkin ini hanya mis komunikasi pihak internal Kelompok saja," ungkap Feri.

Sementara itu, terkait tudingan telah mencatut nama Kelompok Tani Tgk Di Batee terhadap penyaluran bantuan bibit sawit itu sebenarnya juga bukan mencatut, tapi lebih kepada penggunaan Sub Bidang Perkebunan Kelompok Tani Tgk Di Batee tanpa sepengetahuan ketua Kelompok.

"Ya mungkin disitu miskomunikasinya," tambah Feri.

Ia juga mengungkapkan bantuan yang diberikan terhadap petani Gampong Seuneubok Padang berupa, bibit sawit sebanyak 1.050, Pupuk, Seng serta Obat-obatan.

Komentar

Loading...