Unduh Aplikasi

Diskusi Soal Wagub, Akademisi: Gubernur Nyaman dengan Posisinya Sekarang

Diskusi Soal Wagub, Akademisi: Gubernur Nyaman dengan Posisinya Sekarang
Ilustrasi. Foto: Net

BANDA ACEH - Akademisi Universitas Muhamdiyah Aceh (Unmuha), Taufik Abdul Karim meniliai Gubernur Aceh, Nova Iriansyah saat ini nyaman dengan posisinya yang tidak memiliki wakil gubernur.

Sebab kata dia, hingga saat ini tak ada usulan pasti dari partai pengusung siapa nama yang akan mendapingi Nova saat ini.

"Artinya kita tidak membicarakan lagi gubernur, karena kita menganggap pak Nova sudah nyaman dengan posisinya sekarang," kata Taufik, Selasa (9/2/2021).

Padahal dalam Undang-undang kata Taufik, bahwa gubernur itu harus memiliki wakil. Menurutnya, masalah wakil gubernur ini sudah tidak seksi lagi untuk dibahas. Sebab jikapun diusulkan sudah tak ada harapan, dengan sisa masa jabatan gubernur ini.

"Wakil gubernur saya kira sudah tidak seksi lagi dibahas. Tidak ada wakil gubernur nngak masalah, bendera nggak ada nggak masalah. Gubernur sudah nyaman sendiri," ungkapnya.

Sementara itu Pengamat Politik Universitas Syiah Kuala (USK), Efendi Hasan mengatakan Gubernur Aceh, Nova Iriansyah harus memilik wakil, demi meringankan beban kerja yang diemban.

"Yang penting bagi kita, melihat beban kerja gubernur yang terlalu besar, kita selalu akademisi mendorong perlunya Wagub untuk mendampingi Nova," katanya.

Ia mengatakan, dalam kontek kaderisasi partai politik,  idealnya partai pengusung mengusulkan kader sendiri untuk mendampingi Nova.

"Dengan adanya wagub dapat membantu Nova dalam memimpin Aceh disisa masa jabatannya," pungkasnya.

Komentar

Loading...