Unduh Aplikasi

Disdukcapil Aceh Barat Sasar Desa Pelosok Lakukan Perekaman e-KTP

Disdukcapil Aceh Barat Sasar Desa Pelosok Lakukan Perekaman e-KTP
Ilustrasi. Foto: Net

ACEH BARAT - Jelang Pemiihan Kepala Daerah (Pilkada), Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Capil) Kabupaten Aceh Barat akan melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) secara berkeliling, terutama di wilayah-wilayah pelosok.

Hal ini dilakukan dinas tersebut, agar warga kabupaten itu yang memiliki hak pilih, nantinya dapat mengikuti Pilkada serentak di Aceh yang diperkirakan akan berlangsung tahu 2022 mendatang.

Kepala Dinas Dukcapil Aceh Barat, Saijal Wahbi mengatakan, perekaman e-KTP dengan cara keliling itu dilakukan pihaknya guna melakukan tertib administrasi penduduk bagi warga Kabupaten Aceh Barat wajib KTP yang belum melakukan perekaman e-KTP.

"Perekaman KTP dengan cara keliling ini akan kita sasar walayah pelosok yang masih banyak warganya belum merekam KTP. Ini juga kita lakukan sebagai antisipasi jelang Pilkada agar semua warga wajib KTP miliki hak pilih nantinya," kata Kadisdukcapil Aceh Barat, Saijal Wahbi.

Dikatakan Saijal, dilihat dari jumlah penduduk, hingga saat ini jumlah warga Kabupaten Aceh Barat yang telah melakukan perekaman dan memiliki e-KTP terus meningkat setiap tahunnya.

Ia mengakatan, dari jumah warga Aceh Barat 192 ribu jiwa lebih, sebanyak 137.970 jiwa telah wajib KTP. Dari jumlah itu, kata dia,warga yang telah melakukan perekaman sebanyak 132.733 jiwa.

"Yang telah memiliki KTP hingga semester satu tahun 2020 pada September lalu mencapai 132.689 dan ini terjadi peningkatan dibandingkan semester dua 2019, yakni Maret yang berjumlah 130.583 jiwa. Peningkatan terjadi 1,52 persen," 

" Kalau yang telah melakukan perekaman berjumlah 132.733 jiwa. Dari jumlah ini hanya 44 orang yang belum memiliki KTP meski telah merekam, sebab mereka meski telah merekam namun dari usia ternyata belum sampai sehingga ditunda pencetakannya," kata Saijal.

Menurut Saijal, hingga saat ini jumlah warga Aceh Barat yang belum merekam KTP hingga semester pertama tahun ini hanya tersisa 5,237 jiwa.

"Kita berharap dengan dilakukannya perekaman sistem mobil ini nantinya warga Aceh Barat wajib KTP, semuanya sudah miliki KTP. Apalagi kita langsung ke desa-desa tidak terfokus di Kantor Kecamatan," ungkap dia.

Komentar

Loading...