Unduh Aplikasi

Disbudpar Aceh akan Gelar Festival Batu Mulia Taraf Nasional

Disbudpar Aceh akan Gelar Festival Batu Mulia Taraf Nasional
Kadisbudpar Aceh, Jamaluddin. Foto: AJNN.Net/Tommy.

BANDA ACEH - Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh akan menggelar event Festival Batu Mulia 2019 pada 9 -12 November di Taman Budaya Banda Aceh.

"Festival ini bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisata ke Banda Aceh dan Aceh secara umum," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Jamaluddin, Senin (14/10).

Ia menyebutkan dalam event taraf nasional ini akan mengundang para kolektor batu yang ada di 34 provinsi di Indonesia dengan target 1000 pengunjung yang datang ke Aceh

"Dengan orang yang datang, tentunya akan kita sambut dengan baik sehingga mereka berkesan dan ingin datang lagi ke Aceh," sebut Jamaluddin.

Provinsi Aceh pernah dikenal dengan batu mulianya yang menarik perhatian pecinta batu di nusantara. Namun, seiring waktu penjualannya pun menurun.

"Kita (pemerintah) ingin membangkitkan dan membumingkan kembali batu Aceh, sehingga nantinya bisa muncul industri kreatif yang pernah ada," ujarnya.

Sementara pihak penyelenggaraan, Nasrul Sufi menyebutkan festival batu mulia nantinya, pihaknya akan menampilkan batu-batu Aceh yang pernah terkenal seperti Indocrase, Solar dan bio solar serta batu akik yang ada di Aceh.

"Nanti kita juga buat kontes batu dengan mengundang juri nasional dengan hadiah beragam. 20 item batu mulia akan di pamerkan pada festival nanti," ujarnya.

Dalam festival batu mulia, pihaknya juga akan menampilkan tarian Aceh seperti Seudati dalam pembukaan.

"Kita juga nanti akan adakan pelelangan batu mulia di festival yang dilaksanakan selama empat hari di Banda Aceh," kata Nasrul Sufi.

Komentar

Loading...