Unduh Aplikasi

Direktur RSUD Datu Beru Jadi Tersangka Kasus Dugaan Pemalsuan Akta Otentik

Direktur RSUD Datu Beru Jadi Tersangka Kasus Dugaan Pemalsuan Akta Otentik
RSUD Datu Beru Takengon. Foto: AJNN/Fauzi Cut Syam.

BANDA ACEH - Direktur Rumah Sakit Umum Datu Beru, Takengon, Aceh Tengah berinisial HY ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan memberikan keterangan palsu dalam akta otentik.

Kabid Humas Polda Aceh, Kombes Pol Winardy menyebutkan penetapan tersangka Direktur RSU Datu Beru, Takengon  itu berdasarkan laporan polisi nomor LP/06/I/YAN 2.5./2021/SPKT tanggal 5 Januari 2021.

Baca: Direktur RSUD Datu Beru Takengon Dilaporkan ke Polda Aceh

"Benar, yang bersangkutan telah ditetapkan tersangka tindak pidana memberikan keterangan palsu dalam akta otentik sebagaimana dimaksud dalam pasal 266 KUHP," kata Kombes Pol Winardy, Rabu (28/4/2021).

Meski telah ditetapkan tersangka, kata Winardy, Direktur RSU Datu Beru tersebut tidak ditahan oleh penyidik Polda Aceh.

"Yang bersangkutan tidak ditahan karena kooperatif dalam pemeriksaan dan bersedia hadir kapan saja jika dibutuhkan," ujar Kabid Humas.

Sebelumnya, HY sebagai Direktur RS Datu Beru, Aceh Tengah itu dilaporkan ke Polda Aceh oleh salah satu dokter spesialis di Rumah Sakit itu lantaran membuat keterangan palsu dalam akta otentik pemutasian jabatan.

Baca: Dilaporkan ke Polisi, Kuasa Hukum Direktur RSUD Datu Beru: Silahkan Saja

Dalam surat yang di buat terlapor (direktur) itu, pelapor telah melakukan pelanggaran kode etik, salah satunya dituduh melakukan pengutipan iuran BPJS Kesehatan, melemparkan alat-alat diruang operasi. Surat tersebut dikirimkan ke Bupati Aceh Tengah.

Sementara Dedi Suheri kuasa hukum pelapor saat itu mengatakan apa yang di tulis oleh Direktur RS Datu Beru itu tidak benar, memberikan keterangan palsu dalam akta otentik pemutasian

"Tuduhan yang tidak mendasar itu, membuat klien kami dirugikan. Pelapor dimutasi dari dokter spesialis RSU Datu Beru dipindahkan ke Puskesmas," ungkap Dedi Suheri pada 6 Januari 2021.

Idul Fitri - Disdik
Idul Fitri - BPKA
Idul Fitri - ESDM Aceh
Idul Fitri - Disbudpar
Idul Fitri- Gubernur Aceh

Komentar

Loading...