Unduh Aplikasi

Dinkes Singkil Luncurkan Layanan Puskesmas Keliling

Dinkes Singkil Luncurkan Layanan Puskesmas Keliling

ACEH SINGKIL - Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Singkil resmi mengoperasikan tujuh unit kendaraan Puskesmas Keliling (Pusling) untuk memberikan pelayanan kesehatan dasar kepada masyarakat di desa-desa dalam kabupaten tersebut.

Tujuh mobil jenis Ambulan tersebut ditepungtawari Plt Bupati Aceh Singkil Asmauddin, Rabu (28/12) di halaman Dinas Kesehatan setempat sekaligus teputawari enam unit ambulan pelayanan rujukan dan dua unit kendaraan farmasi.

"Yang dipeusejuk semuanya ada 15 unit, tujuh unit puskesmas keliling, enam ambulan rujukan dan dua unit kendaraan farmasi, kendaraan ini hasil usulan kami melalui APBN DAK tahun 2016, untuk pelayanan kesehatan dasar dan rujukan," kata Kepala Dinas Kesehatan Aceh Singkil Edi Widodo.

Edi Widodo menambahkan dengan dioperasikanya kendaraan baru itu juga akan menambah armada ambulan kabupaten Aceh Singkil yang saat ini berjumlah 42 unit, tersebar di 12 puskesmas dalam 11 kecamatan. Dimana 27 unit dalam kondisi baik, sementara 15 unit sisanya dalam keadaan rusak berat dan ringan.

"Untuk layanan pusling air kita ada enam unit berada di Kuala Baru, Pulau Banyak dan Pulau Banyak Barat ditambah satu speed boad. ambulan terapung kita juga punya satu, tapi operasionalnya sangat besar, sehingga mungkin ini lebih baik dialihfungsikan untuk keperluan BPBD," kata Edi Widodo.

Sementara itu Plt Bupati berpesan, agar supir yang akan mengoperasikan kendaraan itu harus benar-benar diseleksi. Sehingga bukan supir yang suka ugal-ugalan, buta warna atau bahkan pengguna narkoba.

"Supir juga harus memiliki kepribadian sosial yang tinggi, ini memakai uang rakyat, bukan uang warisan kita, tolong jaga kebersihan kendaraan dan berikan kenyamanan kepada pasien, jangan pula pasien yang dibawa bertambah parah sakitnya karena supir tidak nyaman membawa mobilnya," pinta Asmauddin.

Komentar

Loading...