Unduh Aplikasi

Dinkes Singkil Buka 273 Pos PIN

Dinkes Singkil Buka 273 Pos PIN

ACEH SINGKIL -  Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Singkil menyiagakan 273 Pos Pelayanan Pekan Imunisasi Nasional (PIN)  yang tersebar di sebelas kecamatan dalam Kabupaten Aceh Singkil dengan target  12.782 anak diberikan imunisasi polio.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten  Aceh Singkil  Edi Widodo saat pencanangan PIN polio di Kantor Kepala Desa Lipat Kajang Atas Kecamatan Simpang Kanan, Selasa (8/3) menyebutkan dari 273 Pos PIN  ditempatkan  669 tenaga kesehatan dibantu 862 kader yang  siap memberikan pelayanan kepada masyarakat.

" Kita siagakan 273 Pos PIN dan 669 tenaga kesehatan dibantu ratusan kader," kata Edi Widodo.

Edi Widodo mengatakan PIN polio 2016 ini dilaksanakan karena saat ini masih banyak anak-anak  yang tidak mendapatkan imunisasi lengkap, sehingga dikhawatirkan akan timbul polio. Atas dasar itulah Kementrian Kesehatan kembali mencanangkan PIN polio.

"Sebenarnya kita sudah bebas dari polio tahun 2014 ditandai dengan serifikasi bebas polio dari WHO tahun 2014, adapun kasus polio terakhir ditemukan di Aceh Tenggara pada tahun 2006,  namun untuk antisipasi PIN polio yang sudah pernah dilakukan berturut -turut pada tahun 1995,1996 dan 1997 tahun ini kembali dilaksanakan, tujuannya untuk menuju eradikasi polio tahun 2020," ujar Edi.

Untuk memastikan target pemberian vaksin polio tersebut  tercapai sesuai jumlah sarannya, Edi widodo mengatakan pihaknya setiap hari mulai 8-15 Maret memberlakukan sistem pelaporan online dari masing-masing Pos PIN.

"Setiap hari kita pantau jumlah anak-anak yang sudah divaksin, caranya setiap pos mengirimkan laporan baik SMS maupun via email," terangnya.

Sementara itu Bupati Aceh Singkil yang membuka program pencananagan PIN polio tersebut mengajak masyarakat untuk melindungi anak anaknya dengan memberikan imunisasi yang lengkap sejak anak berusia 0 - 5 tahun. Hal itu agar anak memiliki kekebalan tubuh yang baik sehingga terhindar dari ancaman penyakit.

"Saya mengajak seluruh masyarakat untuk menyukseskan PIN ini, vaksin ini diberikan secara gratis,  jadi jangan sampai anak-anak kita tidak mendapatkan atau tidak diberikan faksin ini." kata Safriadi.

Safriadi mengatakan faksin imunisasi Polio ini bertujuan untuk melindungi atau mencegah anak-anak Aceh Singkil dari bahaya polio, sehingga peran dan kesadaran orang tua dalam membawa anaknya ke Pos pin sangat dibutuhkan.

Komentar

Loading...