Unduh Aplikasi

Dinkes Abdya gelar sosialisi pencegahan kusta

ACEH BARAT DAYA - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menggelar sosialisasi tentang penyakit kusta. Sosialisasi kesehatan tersebut diikuti seluruh Kepala Desa yang tersebar di seluruh Abdya, Selasa (21/10) di aula Dinkes setempat. Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Abdya Martunis kepada AJNN yang dijumpai  diruang kerjanya.

“Kebanyakan Masyarakat Abdya mengalami penyakit kusta, akan hal itu pihak Dinkes akan berupaya untuk melakukan pencegahannya, salah satu dengan memberikan sosialisasi,” kata Martunis.

Dikatakan Martunis, selain penyakit kusta, masyarakat Abdya juga ada yang menderita penyakit TBC, DBD, Malaria dan Pneumonia.

"Penyakit yang paling banyak diderita warga Abdya yaitu diserang TBC, selama September 2013 hingga September 2014 terhitung total 251 orang," jelasnya.

Menurut Martunis, penyebabnya dikarenakan lingkungan yang tidak bersih, suasana rumah yang pengap, serta lantai yang menguap.

"Untuk menghindari segala penyakit tersebut, makanya kita harus saling berkerja sama dengan  masyarakat, terutama Puskesmas-Puskesmas terdekat, kami menghimbau kepada seluruh kepala desa untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat setempat agar terhindari dari berbagai penyakit tersebut," tambahnya.

RAHMAT RT

Komentar

Loading...