Unduh Aplikasi

Dinas PUPR Aceh Jaya Usul Pelurusan Sungai Curek-Alue Tho

Dinas PUPR Aceh Jaya Usul Pelurusan Sungai Curek-Alue Tho
Kondisi abrasi sungai Alue Tho saat banjir beberapa waktu lalu. Foto: Ist

ACEH JAYA - Gampong Curek dan Gampong Alue Tho merupakan desa terakhir dan termasuk wilayah terpencil di Kecamatan Krueng Sabee, Kabupaten Aceh Jaya. Curek dan Alue Tho juga merupakan wilayah pemukiman warga yang dikelilingi oleh sungai kecil yang hingga hari ini terus mengancam rumah warga akibat abrasi ketika dilanda hujan deras dan banjir.

Dari data yang diterima AJNN, abrasi sungai Alue Tho sudah sangat sering terjadi akhir-akhir ini, bahkan sudah delapan kali abrasi sejak tahun 2008 silam hingga sekarang. Tahun 2008 sekali, 2011 sekali, 2014 sekali, 2015 sekali, 2016 dua kali, 2017 sekali dan terakhir pada akhir 2018 kemarin sekali.

Sementara untuk titik rawan abrasi ada tiga tiik, dua diantaranya di Desa Alue Tho dan satu titik lagi di Desa Curek.

Kepala Bidanga Program PUPR Aceh Jaya, Susanto Jayadi, yang dihubungi AJNN mengatakan bahwa untuk menanganii abrasi tersebut ada dua cara yaitu dengan cara pelurusan sungai dan dengan cara pemasangan tanggul untuk pengamanan sungai ketika dihantam banjir.

Baca: Abrasi Krueng Alue Tho Mulai Ancam Rumah Warga

Namun, yang mungkin dilakukan oleh pemerintah itu hanya dengan cara pelurusan sungai, pasalnya jika pembuatan tanggul untuk tiga titik yang rawan longsor itu membutuhkan biaya sangat basar, bahkan mencapai di atas Rp 500 juta hingga Rp 1 miliar, tergantung kontruksi yang digunakan untuk ketiga titik itu jika pasang tanggul secara permanen.

"Kami sudah mengusulkan dalam Rencana Kerja Anggaran Perubahan (RKA-P) untuk perulusan sungai gampong Curek Alue Tho sebesar Rp. 140 juta di tahun ini," ungkap Susanto.

Ia juga menjelaskan jika anggaran sebesar itu tidak termasuk pembebasan tanah, karena pengadaan tanah itu beda rekening kegiatannya.

"Semoga pemilik tanah mau merelakan demi kepentingan umum, bila tidak, pekerjaan bisa gagal," jelasnya.

Komentar

Loading...