Unduh Aplikasi

Dinas Pertanian Pidie Jaya Akui Tanam Serentak Gagal

Dinas Pertanian Pidie Jaya Akui Tanam Serentak Gagal
Lahan untuk tanam serentak di Pidie Jaya terlihat kering. Foto: Muksal Mina

PIDIE JAYA - Dinas Pertanian Pidie Jaya mengakui, tanam serentak Musim Tanam Rendengan (MTR) di Kabupaten Pidie Jaya sekitar enam ribu hektare sawah tidak dapat mengikuti tanam serentak.

Hal itu dikatakan oleh Sekretaris Dinas Pertanian, Muhammad kepada wartawan, Selasa (29/11). Ia juga mengatakan, tidak tercapainya tanam serentak beberapa titik lahan di Kecamatan Bandar Baru, Trienggadeng, Bandar Dua dan Jangka Buya karena kawasan tersebut tidak mempunyai irigasi yang maksimal.

Baca: Tanam Serentak di Pidie Jaya Terancam Gagal

Tambahnya, petani di kawasan yang belum mempunyai aliran irigasi, terpaksa harus menunggu curah hujan tinggi untuk dapat mengarap lahannya.

"Kawasan itu belum mempunyai irigasi yang memadai, jadi para petani dikawasan tersebut harus menunggu curah hujan yang tinggi," katanya.

Dengan demikian, merujuk pada ketidak tersedian air serta tiap musim harus menunggu curah hujan. Jadi, program dinas pertanian kabupaten setempat yaitu tanam lima kali dalam dua tahun harus mengubur rencananya. Program tersebut hanyalah mimpi belaka jika ketersediaan air tidak bisa diatasi.

Komentar

Loading...