Unduh Aplikasi

Dinas Pendidikan Pidie Tak Tahu Jumlah Siswa Penerima Dana BOS

Dinas Pendidikan Pidie Tak Tahu Jumlah Siswa Penerima Dana BOS
Foto: Net

PIDIE - Dinas Pendidikan Kabupaten Pidie tidak mengetahui berapa jumlah keseluruhan siswa penerima dana Biaya Operasional Sekolah (BOS) baik ditingkat Sekolah Dasar (SD) maupun Sekolah Menengah Pertama (SMP) dalam wilayah kerjanya.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Pidie Riswandi kepada wartawan, Kamis (13/2) mengatakan, data jumlah siswa penerima manfaat dana BOS direkap oleh pihak operator Data Pokok Pendidikan (Dapodik) pada sekolah masing-masing dan data tersebut disampaikan langsung kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

"Disdik hanya sebatas operator saja. Kami tidak tahu pasti berapa jumlah siswa yang akan menerima dana BOS nantinya. Pihak sekolah yang mengajukan daftar jumlah siswanya melalui operator Dapodik," kata Riswandi yang juga dibenarkan Admi sekaku Manejer BOS pada dinas pendidikan setempat.

Riswandi menjelaskan, penyaluran dana BOS pada tahun ini terjadi perubahan dibanding tahun 2019. Di mana pada tahun lalu per siswa tingkat SD menerima Rp 800 ribu namun pada tahun ini menjadi Rp 900 ribu. Sedangkan tingkat SMP Rp 1,1 juta per siswa, sementara pada tahun lalu Rp 1 juta.

"Dana BOS per siswa bertambah Rp 100 ribu baik siswa tingkat SD maupun SMP," ujarnya.

Dana BOS tersebut, kata Riswandi, ditransfer langsung ke rekening sekolah masing-masing, namun sejauh ini pihaknya belum mengetahui berapa jumlah dana BOS yang salurkan pemerintah pusat untuk Kabupaten Pidie tahun ini.

"Karena ada perubahan sehingga kami belum memperoleh data berapa jumlah total dana BOS yang disalurkan. Namun demikian kami berharap dalam pengelolaan dana BOS, pihak sekolah harus dilakukan secara transparan dan mengacu pada petunjuk tehnis yang telah ditetapkan," kata Riswandi.

Iklan Kriyad

Komentar

Loading...