Unduh Aplikasi

Dinas Pendidikan Aceh Seleksi Guru Berprestasi

Dinas Pendidikan Aceh Seleksi Guru Berprestasi
Seleksi guru berprestasi. Foto: ist

BANDA ACEH - Sebanyak 414 orang guru mata pelajaran berprestasi mengikuti seleksi guru berprestasi tingkat provinsi. Mereka terdiri dari jenjang SMA dan SMK yang tersebar di 23 kabupaten/kota.

"Kami berharap seleksi ini dapat membangun dan memacu kualitas guru di Aceh,” kata Kepala Dinas Pendidikan Aceh Hasanuddin Darjo, Ahad (27/11).

Seleksi ini, kata Darjo, adalah amanat Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Dalam pasal 36 ayat 1 termaktub: guru yang berprestasi, berdedikasi luar biasa dan atau bertugas di daerah khusus berhak memperoleh penghargaan.

Kepala Bidang Pendidikan Menengah di Dinas Pendidikan Aceh Hamdizal menambahkan Dinas memberikan perhatian serius untuk lebih memberdayakan guru, terutama guru SMA dan SMK. Mereka, kata Hamdizal, terus mendorong agar guru di Aceh memiliki kemampuan mendidik yang baik dan berprestasi.

Kegiatan pemilihan guru SMA dan SMK mata pelajaran berprestasi ini diharapkan dapat menjaring guru yang akan menjadi model atau contoh bagi sekolah lainnya, khususnya jenjang SMA dan SMK di Aceh.

Dia juga menjanjikan seluruh proses pemilihan guru berprestasi 2016 ini berlangsung dengan baik, menjunjung tinggi nilai-nilai sportifitas, kejujuran dan keikhlasan.

Ketua panitia pelaksana, Nailul Authar, mengatakan pemilihan guru SMA dan SMK mata pelajaran berprestasi akan berlangsung sejak 26 November hingga 11 Desember 2016. Seleksi ini dibagi dalam tiga gelombang.

Gelombang pertama sejak 26 November hingga 1 Desember 2016. Pada periode akan diseleksi guru SMA mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan matematika. Gelombang ke II, mulai 1 Desember hingga 6 Desember 2016, menyeleksi guru SMK mata pelajaran teknologi dan rekayasa, bisnis manajemen, agro bisnis dan teknologi. Sedangkan untuk guru SMA, akan diseleksi pengajar pelajaran pelajaran fisika, kimia dan biologi.

Di gelombang III, 6-11 Desember 2016, diseleksi guru SMA mata pelajaran sosiologi, ekonomi dan geografi. Sedangkan untuk jenjang SMK: guru mata pelajaran pariwisata, kemaritiman, informasi dan komunikasi.

Guru yang menjuarai ajang ini akan memperoleh hadiah berupa uang tunai sebesar Rp 10 juta untuk juara pertama, Rp 8 juta untuk juara kedua, dan Rp 6 juta untuk juara ketiga. Seleksi dilakukan secara terbuka melibatkan tim dewan juri independen berasal dari lembaga profesional pendidikan.

Komentar

Loading...