Unduh Aplikasi

Dinas Kesehatan Targetkan Kota Langsa Bebas ODF

Dinas Kesehatan Targetkan Kota Langsa Bebas ODF
Ilustrasi. Foto: Net

LANGSA - Dinas Kesehatan Kota Langsa menargetkan seluruh desa di kota itu bisa dibebaskan dari prilaku warga buang air besar (BAB) sembarangan atau yang disebut ODF.

Untuk melancarkan kegiatan tersebut, pihak Dinkes akan turun ke desa-desa untuk menanyakan kepada para kepala desa apakah desa mereka mau di ODF kan.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Langsa, dr. Herman kepada AJNN, Kamis (12/3).

Pun begitu, kata dr. Herman, kalau ada desa yang masyarakatnya tidak mau desa di-ODF-kan, pihaknya dari Dinkes tidak mau memaksakan juga.

"Nantinya akan disurvei terlebih dahulu, untuk tahun 2020 ini 32 desa menjadi target bebas ODF, sisanya akan dilakukan ditahun berikutnya. Kita ingin semua desa di Kota Langsa bisa bebas ODF," ujarnya.

Baca: Tak Ada Biaya Bangun Jamban, Tingkat BAB Sembarangan Masih Tinggi di Pidie

Dinkes, kata dia, juga punya rencana untuk memasang alat pemberitahuan seperti plang bertulisan stop buang air besar sembarangan. Plang tersebut akan dipasang di desa-desa.

Menurut dr. Herman, Dinas Kesehatan Kota Langsa akan terus melakukan pembinaan kepada masyarakat agar tidak buang air besar di tempat sembarangan.

"Di setiap rapat dengan pihak Pukesmas, selalu kita imbaukan agar disampaikan kepada masyarakat tidak buang air besar sembarangan," tambah Herman.

Sekarang ini, kata dia, pihak TNI juga telah membantu masyarakat untuk memasang jamban di rumah warga, dan program tersebut sudah berjalan.

Untuk diketahui, Kota Langsa memiliki lima kecamatan dan 51 gampong (desa).

Komentar

Loading...