Unduh Aplikasi

Dimiskinkan Impor Beras

Dimiskinkan Impor Beras
ilustrasi: anny cook

PEMERINTAH Aceh perlu membantu para petani dan pemilik kilang beras lokal setelah Pemerintah Indonesia memutuskan untuk mengimpor beras dari Thailand. Karena saat ini, setelah panen, stok beras di Aceh menumpuk.

Dalam kurun waktu enam tahun terakhir, Aceh memang mengalami surplus beras. Sebenarnya ini adalah hal yang sangat disyukuri. Hasil panen yang melimpah menjadikan daerah ini sebagai salah satu pemasok beras nasional. 

Keputusan pemerintah pusat itu perlu dipertanyakan oleh Pemerintah Aceh. Karena jelas sekali dampak dari impor tersebut terhadap pendapatan petani di Aceh. Bahkan jika tetap kebijakan impor itu tetap dipertahankan, maka para petani akan semakin merugi karena mereka juga tengah terjepit oleh mahalnya ongkos produksi akibat harga pupuk yang tinggi. 

Saat ini, Badan Urusan Logistik di Aceh Barat bahkan kebingungan untuk menyalurkan stok yang ada. Terutama setelah program beras miskin ditiadakan. Saat ini, di gudang Bulog Meulaboh tersimpan 2.155 ton beras. 

Bahkan stok beras itu diperkirakan bisa bertahan lebih dari enam bulan ke depan. Semua ini adalah serapan beras dari masyarakat dan sisa 800 ton dari persediaan panen sebelumnya dari wilayah Nagan Raya, Aceh Barat, dan Aceh Jaya. 

Hal yang sama juga terjadi di Aceh Besar. Sejumlah pemilik kilang beras dan petani mengaku tak tahu harus menjual ke mana beras yang terkumpul di gudang mereka. Jika tidak dijual, jelas hal ini menimbulkan kerugian yang tidak sedikit. 

Karena itu, Pemerintah Aceh harus memberikan perhatian terhadap kondisi ini. Salah satunya dengan mengeluarkan pernyataan menolak impor yang menyebabkan petani Aceh merugi. Para anggota Dewan Perwakilan Rakyat asal Aceh, termasuk juga para senator, juga harus menyuarakan penolakan terhadap impor beras ini. 

Membiarkan pemerintah pusat terus membuat kebijakan yang tidak pro rakyat hanya akan semakin memurukkan Aceh. Terutama di tengah ancaman krisis ekonomi akibat pandemi Covid-19. Akan semakin banyak masyarakat Aceh yang dimiskinkan. Kebijakan impor beras ini juga semakin menguatkan posisi Aceh sebagai daerah termiskin. 

Pemkab Bener Meriah _Ramadhan

Komentar

Loading...