Unduh Aplikasi

Dilaporkan ke DKPP, Ini Tanggapan Ketua KIP Aceh Timur

Dilaporkan ke DKPP, Ini Tanggapan Ketua KIP Aceh Timur
Ketua KIP Aceh Timur, Zainal Abidin.

ACEH TIMUR - Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Timur, Zainal Abidin, tidak mempermasalahkan KIP dilapor ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) oleh Muslim A Gani, kuasa hukum anggota DPRK Aceh Timur, Syahrul AG.

Menurut Zainal Abidin, setiap orang punya hak untuk melapor penyelenggara pemilu ke DKPP bila ada orang merasa dirugikan.

"Setiap orang punya hak untuk melapor penyelenggara ke DKPP," kata Zainal Abidin menjawab AJNN, Kamis (9/7).

Baca : KIP Aceh Timur Dilaporkan ke DKPP

Dikatakan Zainal, pihaknya dari KIP sudah siap menjawab semua pertanyaan yang dianggap bermasalah bila nanti sampai ke sidang etik di DKPP.

"KIP Aceh Timur hanya menyiapkan nama dan berkas yang diminta oleh DPRK Aceh Timur untuk proses PAW," sebut Zainal.

Sementara administrasi lainnya, kata dia, itu semua disiapkan oleh Sekretariat KIP Aceh Timur.

"Proses berikutnya sepenuhnya ada di lembaga lain yaitu DPRK Aceh Timur untuk PAW tersebut," jelasnya.

Menurut Zainal, KIP Aceh Timur sudah menjalankan aturan sesuai PKPU 6 Tahun 2017, Pasal 8, dimana sesuai Pasal 5, ayat 3 huruf h, menyerahkan nama pengganti dan mengingatkan bahwa yang terkait sedang menempuh upaya hukum kepada DPRK Aceh Timur.

Mengenai tudingan KIP Aceh Timur membuat dokumen palsu, Zainal mengatakan, semua dokumen administrasi disiapkan oleh kesekretariatan, dan dokumen itu adalah milik KIP Aceh Timur yang disiapkan atas permintaan DPRK Aceh Timur.

"Tidak ada kami buat dokumen palsu, untuk apa KIP Aceh Timur membuat dokumen palsu. Karena KIP hanya menverifikasi berkas, apakah Memenuhi Syarat (MS) atau Tidak Memenuhi Syarat (TMS) calon pengganti atas permintaan DPRK Aceh Timur," ungkap Zainal.

Seperti diberitakan sebelumnya, Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Timur dilaporkan ke Dewan Kehormatan Penyelengaraan Pemilu (DKPP) RI di Jakarta, Rabu (8/7).

Laporan dilayangkan oleh Muslim A Gani, Kuasa Hukum dari Syahrul AG, anggota DPRK Aceh Timur terkait upaya melakukan PAW terhadap Syahrul AG yang dilakukan oleh KIP Aceh Timur.

Komentar

Loading...