Unduh Aplikasi

Dikelola Provinsi, Dana Otsus Hanya Jadi Bancakan Pejabat dan Dewan

Dikelola Provinsi, Dana Otsus Hanya Jadi Bancakan Pejabat dan Dewan
Ilustrasi. Foto: Net

BANDA ACEH – Presiden Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Nurul Ikhsan sangat menyayangkan langkah yang diambil Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Aceh dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Aceh untuk menarik dana otonomi khusus dari kabupaten dan kota. Pasalnya penarikan dana otsus oleh provinsi akan menjadi bancakan pejabat provinsi dan dewan.

Nurul Ikhsan mengatakan walaupun selama ini penggunaan dana otsus di kabupaten dan kota belum maksimal, maka itu merupakan tugas pengawasan dari Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten dan kota itu sendiri perlu ditingkatkan.

“Bukan malah mencabut kewenangan pengelolaan dana otsus dari kabupaten dan kota. Bila perlu ada intervensi pemerintah daerah dalam pengawasan untuk memaksimalkan realisasi dana otsus di kabupaten dan kota,” kata Ikhsan kepada AJNN, Rabu (23/11).

Jika hal ini juga akan terjadi maka kata Ikhsan, akan terjadinya disparitas pembangunan satu daerah dengan daerah lainnya, bahkan kata Ikhsan yang lebih fatal lagi akan terjadi juga kesenjangan antara satu kawasan dengan kawasan lainnya.

“Harapan kami, Pemerintah Aceh lebih meningkatkan dan mengejar ketertinggalan Aceh dari provinsi lain, memaksimalkan penggunaan dana otsus selama 10 tahun kedepan dengan baik dan peran kabupaten/kota lebih dominan dalam proses pembangunan wilayahnya masing-masing,” pungkas Ikhsan.

Komentar

Loading...