Unduh Aplikasi

Diguyur Hujan Lebat, Ratusan Hektare Sawah di Abdya Digenangi Air

Diguyur Hujan Lebat, Ratusan Hektare Sawah di Abdya Digenangi Air
Kondisi sawah di Abdya yang tergenang banjir.

ACEH BARAT DAYA - Hujan lebat yang mengujur wilayah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) sejak dua hari terakhir ini mengakibatkan ratusan hektar sawah milik petani di Kecamatan Jeumpa digenangi air.

“Hujuan deras mengakibatkan sawah saya digenangi air,” kata salah seorang petani Muhammad Jamin yang ditemui AJNN (28/11) di kawasan Gampong Cot Manee.

Menurutnya, air yang menggenangi sawah milik para petani di kawasan Jeumpa sudah terjadi sejak dua hari terakhir. “Kondisinya sudah dua hari seperti ini, bukan hanya milik saya tetapi hampir semua petani disini digenangi air,” ujar M. Jamin.

Sebelumnya tambah M. Jamin, air yang menggenangi areal persawahan tidak terlalu tinggi, namun karena hujan lebat terus mengguyur mengakibatkan ratusan hektare digenangi banjir setinggi pinggang orang dewasa.

“Kita perkirakan ada sekitar ratusan hektare sawah milik petani yang saat ini digenangi banjir dengan ketinggian hingga pinggang orang dewasa,” imbuhnya.

Dikatakan M. Jamin, sawah milik petani yang digenangi air diantaranya di Gampong Kuta Jeumpa, Gampong Ikhulung dan Cot Manee.

Ia menjelaskan, jika hujan terus mengguyur wilayah Abdya, tidak tertutup kemungkinan pada yang telah berusia satu minggu yang telah di taman petani akan mati.

“Ada yang baru ditanam, ada juga usianya padi seminggu dan dua minggu, jika air terus tergenang tentu padi akan mati,” jelasnya.

Namun ia berharap, agar air yang menggenangi sawah di wilayah tersebut cepat surut, sehingga tanaman padi milik petani dengan usia rata-rata satu hingga dua minggu yang telah ditanam bisa selamat.

“Kami doakan agar genangi air ini bisa cepat surut dan hujan bisa berhenti, sehingga padi milik petani bisa selamat,” harap M.Jamin.

Komentar

Loading...