Unduh Aplikasi

Diguyur Hujan Lebat, Puluhan Rumah di Abdya Tergenang Air

Diguyur Hujan Lebat, Puluhan Rumah di Abdya Tergenang Air
Genangan air akibat hujan di depan rumah warga Gampong Lhok Pawoeh. Foto: Julida Fisma
ACEH BARAT DAYA - Hujan lebat yang menguyur wilayah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) sejak selasa (18/10) sore, sekitar pukul 15.30 WIB hingga dini hari mengakibatkan puluhan rumah penduduk tergenang air hujan setinggi lutut orang dewasa.

"Bukan saja hujan tadi malam, tapi hampir setiap hujan lebat terjadi seperti ini kawasan rumah kami selalu tergenang air," kata Samsinar Warga Gampong Lhok Pawoeh, Kecamatan Mangeng kepada AJNN, Rabu (31/8).

Jika curah hujan tinggi, dirnya bersama sejumlah warga lainnya sudah mulai merasa was-was dan bersiap untuk mengemaskan barang untuk di angkat ke tempat yang tinggi.

"Kalau hujan turun kami disini merasa was-was, jika sewaktu-waktu air naik dirinya sudah siap mengangkat barang untuk diangkat ketempat yang tinggi," ujar Samsidar.

Dikatakan Samsidar, kejadian tersebut memang sudah lama terjadi hal itu disebabkan pasca pembuatan saluran yang dikerjakan tidak lengkap namun hanya sebelah kiri arah jalan nasional.

"Memang sudah lama terjadi, faktur utamanya karena saluran dibuat hanya sebelah kiri saja, sehingga jika terjadi hujan air akan melimpah ruah kerumah kami hingga mencapai setinggi lutut orang dewasa," imbuhnya.

Ia bersama warga lainnya berharap Pemerintah Daerah Abdya untuk segera menanggulangi masalah yang saat ini dihadapi warga, sehingga dengan demikian saat hujan turun mereka bisa berisirahat dengan nyaman tanpa dihantui rasa was-was.

Pantauan AJNN hujan yang menguyur wilayah Abdya dari sore hingga dini hari tidak saja merendam rumah warga di Lhok Pawoeh Manggeng, namun juga terjadi perendaman di Gampong Suak Nibong Kecamatan Tangan, dan Gampong Ikulung Kecamatan Jeumpa.

Komentar

Loading...