Unduh Aplikasi

Diguyur Hujan Deras, Sejumlah Daerah Barat Selatan Aceh Terancam Banjir

Diguyur Hujan Deras, Sejumlah Daerah Barat Selatan Aceh Terancam Banjir
Foto: liputan6

ACEH BARAT - Badan Metreologi Klimetologi dan Geofisika (BMKG) Meulaboh memprediksikan hujan deras dengan intensitas tinggi akan terus terjadi hingga tiga hari kedepan di wilayah barat selatan Aceh.

Kepala BMKG Meulaboh, Edi Darlupti, mengatakan hujan dengan intensitas tinggi tersebut terus terjadi hingga Kamis, (10/11) mendatang, sehingga akan potensi banjir akibat dari luapan beberapa sungai di daerah setempat.

“Beberapa sungai di daerah barat selatan Aceh seperti sungai Krueng Meureubo, Krueng Woyla, Krueng Teunom, memang kerap meluap saat hujan dengan intensitas tinggi,” kata Edi Darlupti, Senin (7/11).

Selain ancaman banjir, kata Edi, longsor juga sangat berpotensi di sepanjang kawasan perbukitan atau pegunungan.

“Kami berharap kepada masyarakat yang berada di kawasan pegunungan atau perbukitan serta di daerah yang dekat dengan daerah aliran sungai (DAS) untuk berhati- hati,” ujarnya.

Edi menambahkan hujan deras yang terjadi juga berpotensi angin kencang dan petir serta mempengaruhi tinggi gelombang laut. Pasalnya saat ini tinggi gelombang laut di perairian barat selatan Aceh mencapai 3,5 meter.

“Kepada nelayan yang melaut untuk berhati- hati begitu juga bagi masyarakat yang liburan ke pantai,” harapnya.

Komentar

Loading...