Unduh Aplikasi

Difasilitasi Forum PRB, Kampung Jadi Sepakat Siap Menjadi Desa Tanggap Covid-19

Difasilitasi Forum PRB, Kampung Jadi Sepakat Siap Menjadi Desa Tanggap Covid-19
Foto: untuk AJNN.

BENER MERIAH - Kampung Jadi Sepakat, Kecamatan Bandar Kabupaten Bener Meriah, siap menjadi Desa Tanggap COVID-19. Pembentukan Desa Tanggap Covid-19 ini fasilitasi oleh Forum Pengurangan Risiko Bencana (PRB) Provinsi Aceh. Pembentukan ini juga untuk menyikapi terbitnya Surat Edaran Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi No 8 tahun 2020 tentang Desa Tanggap Covid.

Reje Kampung (Kepala Desa) Jadi Sepakat, Sandy Pangestu mengatakan kalau program ini merupakan bentuk tanggung jawab pemerintahan kampung untuk mencegah penularan covid 19 sekaligus membangun kesiapsiagaan desa dalam menghadapi ancaman covid 19.

Beberapa tahapan kegiatan yang di lakukan meliputi, kajian kapasitas dan kerentanan desa, pembentukan relawan covid 19 di tingkat desa, penyususnan rencana aksi kampung dalam menghadapi covid 19, dan penyusunan SOP penanganan covid 19 di tingkat kampung.

Sementara itu anggota forum Pengurangan Resiko Bencana (PRB) Aceh, Rizki Wan Okta selaku anggota Forum PRB Aceh kepada AJNN, Senin (30/3/2020) di Redelong mengatakan bahwa penanganan Covid-19 di tingkat desa harus menjadi prioritas pemerintah daerah. Rizki yang juga turut memfasilitasi kegiatan tersebut menyebutkan kegiatan ini merupakan bentuk kontribusi Forum PRB Aceh dalam menghadapi ancaman Covid 19.

“Kami berharap apa yang kita lakukan di Kampung Jadi Sepakat bisa jadi contoh, khususnya di Bener Meriah dan Provinsi Aceh, karena kami melihat bahwa Surat Edaran Menteri PDT belum diikuti dengan petunjuk teknis pelaksanaan kegiatan di tingkat desa, sehingga desa sangat membutuhkan pendampingan,” ujar Rizki yang juga relawan Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Bener Meriah.

Komentar

Loading...