Unduh Aplikasi

Diduga Tak Netral, Panwaslih Panggil Kadis Kesehatan Aceh Timur

Diduga Tak Netral, Panwaslih Panggil Kadis Kesehatan Aceh Timur

ACEH TIMUR - Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Aceh Timur memanggil Kepala Dinas Kesehatan Kamarullah dan Kabidnya Zulfikri untuk dimintai klarifikasi terkait aksi angkat dua jari saat foto bersama calon Bupati Aceh Timur, Hasballah HM Thaib.

Pemeriksaan keduanya berlangsung di ruang sentra Gakkumdu Panwaslih Kabupaten Aceh Timur yang dipimpin Ketua Panwaslih Kabupaten Aceh Timur Zainal Abidin, didampingi Komisioner Panwaslih Divisi Sosialisasi dan Humas Faisal Zakaria, serta staff Kesetretariatan Panwaslih Aceh Timur.

Ketua Panwaslih Aceh Timur kepada AJNN mengatakan, kedua terlapor adalah Aparat Sipil Negara (ASN) dalam lingkup Pemerintah Kabupaten Aceh Timur, dan keduanya diduga tidak netral dalam Pilkada 2017.

"Keduanya dicerca 25 pertanyaan, seputar kegiatan gotong royong yang dilakukan Dinas Kesehatan dalam rangka menyambut Hari Kesehatan Nasional ke 52 yang ikut dihadiri oleh calon petahana yang sedang dalam masa cuti kampanye," ujar Zainal, Kamis (24/11).

Zainal juga mengungkapkan, dugaan pelanggaran ini merupakan hasil temuan Panwaslih Kabupaten Aceh Timur pada tanggal 19 November 2016 yang lalu, dengan barang bukti foto sembilan orang oknum ASN dalam lingkup Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Timur.

"Klarifikasi ini kita lakukan untuk memenuhi syarat materil dalam menangani proses dugaan temuan pelangaran pilkada sesuai dengan fungsi yang melekat pada panwaslih," katanya.

Kemudian, proses klarifikasi akan dibahas dalam rapat pleno untuk kemudian dijadikan rekomendasi yang memutuskan bahwa yang bersangkutan memenuhi unsur pelangaran Pilkada atau tidak.

Rekomendasi tersebut nantinya akan diserahkan kepada lembaga terkait di Kabupaten Aceh Timur untuk memberikan kepastian hukum dan menjawab opini publik yang selama ini berkembang.

Komentar

Loading...