Unduh Aplikasi

Diduga Provokasi Demo RUU KPK, Pria Asal Aceh Utara Ditangkap Polisi

Diduga Provokasi Demo RUU KPK, Pria Asal Aceh Utara Ditangkap Polisi
Penyebar Provokasi ditangkap. Foto; Tommy

BANDA ACEH - MIK (31) warga Aceh Utara ditangkap tim cyber Polda Aceh karena melakukan ajakan demo penolakan RUU KPK dan melakukan provokasi kerusuhan.

Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol Ery Apriyono menyebutkan pelaku membuat grup WhatsApp bernama G30S STMBangkit dan Facebook untuk menyebarkan konten provokatif.

"Modusnya sengaja membuat suatu kreator di WhatsApp maupun di Facebook tentang G30S STMBangkit untuk memprovokasi agar terjadi kerusuhan saat demo," kata Ery, Kamis (10/10).

Ia menyebutkan pelaku juga telah membuat video provokatif di grup Facebook tentang kekerasan aparat kepolisian saat menanggani aksi unjuk rasa.

"Video ini menjadi viral di media sosial, anggota grup sekitar 100 orang yang tersebar di seluruh Indonesia. Di dalam grup yang bersangkutan membagikan gambar provokatif dan mengajak pelajar mengikuti demo serta melakukan kerusuhan," sebut Ery.

Grup WhatsApp dan Facebook dibuat tersangka pada pada 25 September lalu atau saat demo penolakan RUU KPK dan RUU KUHP. Polisi yang mengetahui langsung melakukan penyelidikan dan mencari keberadaan pelaku.

"MIK kita tangkap di Lhokseumawe sekitar pukul 23.00 WIB, Kamis (3/10)," kata Ery didampingi Direskrimsus, Kombes Pol T Saladin.

Dari postingan yang di sebarkan melalui WhatsApp dan Facebook itu memberikan pemahaman yang negatif terhadap pemerintahan saat ini.

"MIK dijerat dengan UU ITE dengan ancaman maksimal 6 tahun penjara," kata Ery.

Komentar

Loading...