Unduh Aplikasi

Diduga Korupsi Dana Desa, Mantan Keuchik Desa Reusap Ara Bireun Ditahan

Diduga Korupsi Dana Desa, Mantan Keuchik Desa Reusap Ara Bireun Ditahan
Mantan Keuchik desa Reusap Ara, Bireun ditahan penyidik Kejari. Foto: Dok Kejari Bireun

BIREUN - Mantan Keuchik desa Reusap Ara, Kecamatan Jangka, Bireun ditahan penyidik Kejari Bireun karena diduga melakukan korupsi dana desa. Penahanan JAS (29) dilakukanlah Senin 6 April 2020.

Kasi Intel Kejari Bireun, Wisdom mengatakan penahanan terduga korupsi dana desa tersebut dilakukan agar tersangka tidak kabur dan menghilangkan barang bukti.

"Penahanan lakukan guna kepentingan pemeriksaan, kita khawatir tersangka kabur, sehingga kita lakukan penahanan selama 20 hari kedepan guna penyidikan," kata Wisdom, Selasa (7/4).

Ia menyebutkan tersangka JAS melakukan tindak pidana korupsi penggunaan dana desa senilai Rp296 juta dari anggaran 2018 senilai Rp800 juta.

"Hasil perhitungan ada kerugian sebesar Rp296 juta. Penggunaan dana desa digunakan tidak sesuai mekanisme dan tidak dapat di pertanggung jawaban baik secara administrasi maupun secara fisik, bahkan ada pekerjaan yang fiktif," ujarnya.

Dalam kasus tersebut, penyidik Kejari Bireun telah memeriksa tujuh saksi. Namun, tidak tutup kemungkinan ada tersangka lainnya.

"Dugaan sementara tersangka bermain sendiri melakukan tindak pidana korupsi dana gampong. Tidak tertutup kemungkinan ada tersangka lainnya, ini tergantung dari penyidikan nanti," kata Wisdom.

Setelah penyidik menetapkan tersangka, JAS mantan Keuchik desa Reusap Ara, kecamatan Jangka, Bireun dititip di Lapas kelas IIB Bireun.

Komentar

Loading...