Unduh Aplikasi

EVALUASI APBA 2016

Dicoret Mendagri, Irwan Djohan: Anggaran Perjalanan ke LN Harus Ada

Dicoret Mendagri, Irwan Djohan: Anggaran Perjalanan ke LN Harus Ada
BANDA ACEH – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Aceh Teuku Irwan Djohan menyebutkan anggaran perjalanan dinas ke luar negeri harus ada.

Hal itu disampaikan Irwan Djohan, Senin (29/2) saat ditanyai tanggapannya soal dana perjalanan dinas ke luar negeri anggota dan pimpinan DPR Aceh yang dilarang oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dalam APBA 2016.

Baca: Mendagri Coret Dana Pelesiran DPRA Rp 9,2 Miliar

Dikatakan Irwan, dirinya tidak mendengar soal informasi Mendagri melarang pengalokasian anggaran tersebut. Jika benar dicoret oleh Mendagri, menurut Irwan, hal itu tidak tepat dan tidak mungkin. Kecuali Mendagri hanya meminta rasionalisasi anggaran.

“Kalau dicoret total kunjungan ke luar negeri itu tidak tepat. Karena anggaran perjalanan dalam daerah, luar daerah dan luar negeri, sudah pasti harus ada,” kata Irwan kepada wartawan.

Irwan menambahkan, pada APBA 2015 dana perjalanan dinas keluar negeri tersebut juga pernah dianggarkan dengan jumlah sekitar 9 miliar. Namun hanya direalisasikan sekitar 2 miliar. Tahun ini juga dialokasikan sekitar 9 miliar.

“Mengenai realisasi belum pasti. Namun kalau dicoret total tidak mungkin,” terang Irwan.

Kemudian, Irwan menambahakan, DPR Aceh telah mempercayakan kepada Tim Anggaran Pemerintah Aceh (TAPA) untuk merasionalisasi sejumlah anggaran yang mendapat koreksi dari Mendagri.

Untuk diketahui, sebelumnya Mendagri melarang pengalokasian anggaran dalam APBA 2016 untuk belanja perjalanan dinas ke luar negeri anggota dan pimpinan DPR Aceh. Hal itu sebagaimana disebutkan dalam hasil evaluasi rancangan qanun APBA 2016 dan Pergub atas penjabaran APBA 2016.

Mendagri menyarankan dana tersebut harus dialihkan untuk mendanai program dan kegiatan yang bersifat prioritas, jika memang perjalanan tersebut tidak urgen atau mendesak bagi kepentingan Aceh. Seperti perjanjian kerjasama antara Aceh dengan pihak luar negeri.
IKLAN HPI
Gemas-Dinas pendidikan aceh

Komentar

Loading...