Unduh Aplikasi

Dianjurkan Rujuk ke RSUDZA, Ayu Yatim Piatu Asal Aceh Jaya Tak Ada Biaya

Dianjurkan Rujuk ke RSUDZA, Ayu Yatim Piatu Asal Aceh Jaya Tak Ada Biaya
Ayu Darmi Karmika memperlihatkan kondisi bekas jahitan usai dioperasi. Foto: AJNN/Suar

ACEH JAYA - Ayu Darmi Karmika (24), gadis yatim piatu warga kurang mampu yang selama ini menetap di Desa Cot Trap, Kecamatan Teunom, Kabupaten Aceh Jaya ternyata harus kembali lagi ke Rumah Sakit Umum Daerah Zainoel Abidin (RSUDZA) Banda Aceh, untuk memeriksa kembali kondisi bekas luka operasi yang tak kunjung sembuh.

"Selasa kemarin Direktur RSUD Teuku Umar ada telepon Ayu, katanya Ayu harus cek up (periksa) ulang ke Banda Aceh, karena di rumah sakit Calang (RSUD Teuku Umar) tidak cukup alatnya," kata Ayu yang dihubungi AJNN, Rabu (24/6) malam.

Padahal, Ayu menginginkan untuk bisa ditangani di RSUD Teuku Umar saja, dengan pertimbangan biaya lebih minim dan pendamping pun ada, karena masih dekat dengan kampungnya.

"Ya kalau bisa Ayu pinginnya di rumah sakit Calang saja, karena kalau disini kan agak lebih mudah dan gak perlu biaya besar, tapi kata pihak Rumah Sakit Calang gak bisa di sini, ya mau gimana lagi jika emang gak bisa di Calang," ujar Ayu.

Baca: Luka Bekas Operasi Belum Sembuh, Gadis Yatim Piatu di Teunom Butuh Perhatian

Pihak RSUD Teuku Umar juga sudah berkoordinasi dengan pihak RSUZA Banda Aceh untuk penanganan lebih lanjut. Namun kendalanya adalah Ayu tak punya biaya kalau harus berobat kembali ke Banda Aceh.

"Tadi kata Direktur Rumah Sakit Calang juga sudah menghubungi pihak Rumah Sakit Zainoel Abidin, dan mereka sudah siap menunggu disana, tinggal kapan siap Ayu cek up tinggal ambil rujukan di Rumah Sakit Calang," terang Ayu.

Untuk itu, Ayu akan ke RSUD Teuku Umar besok untuk mengambil rujukan. Namun untuk ke Banda Aceh, dirinya belum bisa memastikan kapan bisa pergi.

"Besok rencana akan ambil rujukan dulu di Rumah Sakit Calang, tapi kalau ke Banda Aceh belum tahu bisa pergi hari apa, karena hingga saat ini kondisi keuangan kami belum mencukupi, ditambah lagi pendampingnya juga belum ada, paling cuma nenek saya yang biasa mendampingi saya selama ini," ungkap Ayu.

Komentar

Loading...