Unduh Aplikasi

Dianggap Menganggu, PKL Abdya Ditertibkan

Dianggap Menganggu, PKL Abdya Ditertibkan
Satpol PP dan WH Abdya saat melakukan penertiban Pedagang Kaki Lima (PKL) di Simpang Cerana Pusta Kota Balngpidie . Sabtu (31 10) AJNN Julida Fisma
ACEH BARAT DAYA – Satuan Polisi Pamong Praja dan Wilayatul Hisbah (Satpol PP dan WH) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) bersama Camat Blangpidie, mulai Jumat (30/10) melakukan penertiban terhadap Pedagang Kaki Lima (PKL) yang dinilai menggangu ketertipan umum terutama pengguna jalan raya.

Kasatpol PP dan WH Abdya, Riad SE didampingi Camat Blangpidie kepada awak media mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan sebagai bentuk peringatan kepada para PKL Abdya untuk tidak menjual dagangannya dijalan umum, terangnya.

Kata Riad, kegiatan itu dilakukan sebagai bentuk tindak lanjut dari intruksi Bupati.

”Sesuai dengan intruksi bupati agar dilakukan penertiban PKL yang kian hari meresahkan para penguna jalan dan menciptakan kenyamanan dan kebersihan kota Blangpidie,” sebutnya.

Selain itu lanjutnya, penertiban itu juga didasari oleh laporan masyarakat, keberadaan sejumlah PKL mulai meresahkan, disebabkan, para pedagang tidak menghirauan aturan-aturan yang telah ditetapkan.

”Yang paling parah menggunakan fasilitas umum, seperti bahu jalan dan trotoar untuk menjajaan dagangannya,” jelas Riad SE.

Menurut Riad, aksi tersebut juga sebagai bentuk asosialisasi selama tiga hari kedepan, jika dalam tiga hari kedepan PKL yang telah diperingatakan juga masih membandel, pihaknya akan melakukan tindakan tegas dengan mengusur lapak dagangannya.

"Jika tidak diindahkan maka semua dagangan yang melanggar perda akan diangkut dan ditertipkan,” tegasnya.

Sementara itu, Camat Blangpidie, Adnan SH menyebutkan, pihaknya mengharapkan pemerintah melalui pihak terkait untuk melakukan pembinaan dan mengarahkan PKL yang telah ditertibkan oleh Satpol PP dan WH tersebut sehingga para pedagang tersebut memiliki kegiatan ekonomi kreatif dan lebih teratur.

“Kita berharap SKPK terkait untuk merealokasikan para pedagang tersebut, shingga perekonomian masih tetap akan terus berputar,”harapnya.

Berdasarkan pengamatan AJNN di lapangan, saat dilakukannya sidak dengan melibatkan satu unit mobil patroli milik Satpol PP dan WH Abdya dan dipimpin Kasatpol PP dan WH Abdya, Riad SE bersama Camat Blangpidie, Adnan SH menjumpai satu persatu PKL yang diduga melanggar aturan.

|JULIDA FISMA

Komentar

Loading...