Unduh Aplikasi

Dianaktirikan, Pendukung Ramli Bongkar Ratusan Spanduk

Dianaktirikan, Pendukung Ramli Bongkar Ratusan Spanduk
Alat peraga kampanye di salah satu pojok Kota Meulaboh, Aceh Barat. Foto: Darmansyah Muda

ACEH BARAT - Ratusan spanduk milik calon Bupati dan Wakil Bupati Aceh Barat yang diusung Partai Aceh, Ramli MS dan Banta Puteh Syam, dibongkar oleh pendukungnya sendiri. Ini adalah buntut posisi pemasangan spanduk yang dianggap lebih menguntungkan kandidat lain.

“Kami meminta tim membongkar spanduk RATA (Ramli-Banta) karena KIP tidak adil. Seharusnya spanduk itu dipasang horizontal, tapi malah dipasang dari atas ke bawah berdasarkan nomor urut," kata Sekretaris Umum Pemenangan RATA, Taufik Ali, kepada AJNN, Rabu (30/11).

Spanduk ini dipasang oleh Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Barat. Susunan vertikan ini dianggap lebih menguntungkan kandidat lain. Bahkan, kata Taufik, dengan sistem pemasangan tersebut, pendukung Ramli-Banta menanyakan ketidakadilan ini kepada tim pemenangan.

Secara psikologis, kata Taufik, posisi spanduk dapat mempengaruhi cara berpikir masyarakat. Bahkan, kata dia, terkesan seolah-olah pasangan Teuku Alaidinsyah dan Kamaruddin, yang diposisikan di bagian paling atas, telah memenangi Pemilihan Kepala Daerah Aceh Barat 2017.

"Pencopotan ini sudah sesuai prosedur. Kami sudah surati KIP dan Panwaslih sebelum mencopotnya," ujar Taufik.

Usai dicopot spanduk tersebut, kata dia, akan kembali dipasang di kawasan desa yang sama seperti yang ditentukan oleh KIP. Namun untuk letak alat peraga kampanye itu akan dipasang di lokasi berbeda tanpa melanggar ketentuan kampanye.

Komentar

Loading...