Unduh Aplikasi

Di Tengah Pandemi, Perangkat Desa di Agara Bakal Bimtek ke Medan

Di Tengah Pandemi, Perangkat Desa di Agara Bakal Bimtek ke Medan
Pengamat sosial Aceh Tenggara, Yashut. Foto: Ist

ACEH TENGGARA - Sejumlah perangkat di desa di Aceh Tenggara dikabarkan akan mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) ke Sumatera Utara.

Informasi yang beredar di kalangan masyarakat, bimtek itu akan dilakasanakan dalam waktu dekat, meski di tengah pandemi Covid-19.

Sejumlah kepala desa ditemui AJNN membenarkan adanya agenda bimtek terhadap perangkat di 385 desa dari 16 kecamatan yang akan dilaksanakan di Medan dalam waktu dekat.

Menurut salah satu kepala desa, setiap desa akan mengikutsertakan 4 perangkatnya, total anggaran per desa Rp 23 juta yang bersumber dari dana desa.

"Sejauh ini, masing-masing  kepala desa dari  385 desa di Kabupaten Aceh Tenggara mulai menyetorkan dana tersebut kepada pengurus Apdesi dan kepada pihak Kecamatan, dengan bukti penyetoran memakai kuitansi," katanya.

Menurutnya, uang itu nantinya akan disetor oleh pengurus Apdesi dan pihak kecamatan kepada pihak ketiga selaku  pelaksana bimtek.

Yashut selaku pengamat sosial di Aceh Tenggara mengatakan rencana Bimtek di Sumut itu harus dikaji ulang, mengingat penyebaran Covid-19 di seluruh daerah masih meningkat, sehingga berdamak juga pada perekonomian masyarakat.

" Jika pun tetap dilaksanakan, maka sebaiknya digelar di Aceh Tenggara saja dengan mendatangkan pemateri dari luar daerah, sehingga para perangkat desa bisa mengikuti kegiatan itu dengan maksimal dan peredaran uangnya juga di daerah," katanya.

Ia meminta kepada bupati Aceh Tenggara agar mengkaji ulang pelaksanaan kegiatan tersebut, mengingat bupati telah membuat surat edaran tentang larangan pejabat serta di kalangan masyarakat untuk tidak berpergian ke luar kota serta tetap untuk mematuhi protokes.

JAPAR

Komentar

Loading...