Unduh Aplikasi

Di Tengah Covid-19, Cabdin Sabang Gandeng IGI Latih Guru 

Di Tengah Covid-19, Cabdin Sabang Gandeng IGI Latih Guru 
Foto: Ist

SABANG - Pandemi Covid-19 telah mengubah sistem pembelajaran di semua jenjang pendidikan yang saat ini ada beberapa daerah di Aceh masih menerapkan sistem pembelajaran secara daring atau jarak jauh dengan menggunakan berbagai aplikasi online. 

Kepala Dinas Pendidikan Aceh Racmat Fitri HD melalui Kepala Cabang Dinas (Cabdin) Wilayah Sabang Abdul Hamid kepada AJNN, Kamis (22/10) mengatakan, pendemi Covid-19 tentunya telah memaksa dunia pendidikan mencari terobosan baru untuk memenuhi standar nasional pendidikan.

Cabdin Wilayah Sabang saat ini terus membekali tenaga pendidik atau guru. Salah satunya memberikan pelatihan tentang cara menyusun soal HOTS. Soal HOTS adalah model evaluasi pendidikan yang menguji kemampuan berpikir tingkat tinggi juga akan mengasah logika, pola pikir kritis, dan kreativitas siswa. 

Selain itu, Cabdin Wilayah Sabang juga menggandeng Ikatan Guru Indonesia (IGI) untuk melatih guru dengan pemanfaatan Microsoft Office 365.

Manfaat Microsoft Office 365, dapat melakukan tatap muka melalui ruang virtual Microsoft Teams, dapat memberikan materi atau Tugas proyek termasuk video hemat kuota Via class notebook. 

Selanjutnya, dapat memberi tugas mandiri, punya absensi otomatis, dapat setting video Conference persis seperti di kelas nyata dan dapat membuat Ujian online melalui Microsoft Form.

Selama Covid 19, Cabdin Sabang melalui pengawas juga rutin melakukan monitoring perkembangan pembelajaran di sekolah baik tingkat SMK/MK dan SLB. 

"Hasil monitoring pengawas, maka hari ini kita perlu membuat pelatihan guru. Pelatihan ini menyangkut bagaimana menyusun soal HOTS," ujarnya. 

Hamid menambahkan, proses pembelajaran tatap muka tingkat SMK/MK dan SLB sudah mulai dilaksanakan kembali setelah perubahan status zonasi wilayah penyebaran Covid-19 di Kota Sabang dari zona merah ke orange, tim gugus tugas Sabang sudah mengizinkan belajar tatap muka tingkat SMA/SMK di Kota Sabang.

"Sejak hari senin kemarin sudah bejalar tatap muka, semenjak berubah status sabang dari mirah ke orange tim gugus tugas sudah mengizinkan belajar tatap muka," sebutnya.

Komentar

Loading...