Unduh Aplikasi

Di Nagan Raya Tempat Hajatan Jadi Tempat Kampanye Bahaya Karhutla

Di Nagan Raya Tempat Hajatan Jadi Tempat Kampanye Bahaya Karhutla
Foto: Ist

NAGAN RAYA - Mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten Nagan Raya Komando Distrik Militer (Kodim) 0116 Nagan Raya terus melakukan sosialisasi pencegahan karhutla di Kabupaten tersebut.

Melalui Komando Rayon Militer (Koramil) di berbagai kecamatan setempat dibantu Kepolisian dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) terus berupaya memberikan pemahaman kepada masyarakat terhadap bahaya karhutla dan ancaman pidana bagi para pelaku karhutla.

Berbagai upaya sosialisasi terus dilakukan secara efektif guna mencegah dan menekan tingginya angka karhutla selama ini.

Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Danramil 05 Beutong, Kapten Inf Legianto, mengatakan pihaknya terus melakukan sosialisasi dalam mencegah terjadinya karhutla di tengah mansyakat kecamatan setempat.

Selain itu pihaknya juga terus melakukan patroli guna mengantisipasi apabila terjadinya karhutla dikawasan hutan dan lahan di kecamatan itu.

"Adapun kegiatan yang kita lakukan saat ini adalah sosialisasi dan patroli rutin di Kecamatan Beutong yang terdiri dari dua puluh empat desa. Hal yang pertama kami lakukan adalah pengecekan personil terhadap kesiapan antisipasi," kata Legianto.

Ditambahkannya, dalam pencegahan karhutla, pihaknya juga melakukan kampanye mencegah karhutla secara door to door atau dari pintu ke pintu.

Selain itu mereka, kata dia, juga memanfaatkan tempat-tempat hajatan, pesta atau tempat-tempat keramaian lainnya yang efektif untuk mengajak masyarakat untuk tidak membuka lahan dengam cara membakar apalagi saat musim kemarau.

"Semua kita tahu akibat dari pembakaran hutan dan lahan ini diancam dengan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2004 Tentang perkebunan, dan dapat diancam pidana," ungkapnya.

Komentar

Loading...