Unduh Aplikasi

Di Banda Aceh, Satu Pasangan Jalur Perseorangan Gugur

Di Banda Aceh, Satu Pasangan Jalur Perseorangan Gugur
BANDA ACEH - Satu pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banda Aceh yang maju melalui jalur perseorangan (independen) dinyatakan tidak memenuhi syarat oleh Komisi Indepenpen Pemilihan (KIP) setempat, Kamis (11/8).

Sebelumnya, ada tiga pasangan yang menyerahkan surat dukungan fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebagai syarat untuk maju melalui jalur perseorang untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2017. Yakni Marniati-Amiruddin Usman Daroy, Adnan Beuransah-Umar Rafsanjani, dan Zulfikar-Isramudi Al Usmani.

Ketua KIP Banda Aceh Munawar Syah, menyampaikan dari ketiga bakal pasangan calon tersebut sudah dilakukan penelitian kesesuaian jumlah minimal dukungan. Untuk Banda Aceh syarat perseorangan minimum sebanyak 7.086 dukungan, kemudian juga diwajibkan tersebar paling sedikit dari lima kecamatan.

“Jadi syarat agar bisa memenuhi syarat itu softcopy harus ada minimal 7.086, begitu juga dengan hardcopy dan lampirannya,” kata Munawar Syah.

Sementara itu, Komisoner KIP Banda Aceh Indra Mirwadi, mengatakan setelah pihaknya meneliti semua berkas dari ketiga pasangan calon yang masuk, hanya satu pasangan yang tidak memenuhi syarat, sedangkan dua pasangan lain dinyatakan telah memenuhi syarat.

Marniati bersama wakilnya Amiruddin Usman Daroy dinyatakan memenuhi syarat dengan jumlah softcopy 7.319, hardcopy 7.180 tersebar di sembilan kecamatan, dan lampiran 7.116. Untuk pasangan Adnan Beuransah bersama Umar Rafsanjani jumlah softcopy 8.091, tersebar di enam kecamatan, hardcopy 2.607, dan lampiran sebanyak 2.719, sehingga dinyatakan berkas yang mereka bawa tersebut tidak cukup memenuhi syarat dan akhirnya dikembalikan untuk melengkapi sesuai jumlah syarat yang ditentukan.

"Setelah kami kembalikan, kemudian pasangan Adnan Beuransah dan Umar Rafsanjani datang kembali untuk melengkapi kekurangan jumlah persyaratannya. Setelah diperiksa kembali akhirnya pasangan ini sudah memenuhi jumlah total minimal syarat dukungan," ungkapnya.

"Kedua pasangan ini kami nyatakan sudah memenuhi syarat, dan sudah diberikan Surat Keputusan (SK), serta akan dilanjutkan pada tahap verivikasi berikutnya."

Sedangkan pasangan Zulfikar dengan Isramudi Al Usmani, kata Mirwadi, dinyatakan tidak memenuhi syarat lantaran belum mencapai jumlah minimum persyaratan. Pasangan ini hanya menyerahkan 7.313 memenuhi syarat tersebar di sembilan kecamatan. Bahkan untuk hardcopy hanya mencapai 4.781, lampiran KTP dinilai cukup sebesar 7.564.

"Walaupun beberapa syarat telah mencukupi, tetapi hardcopy tidak terpenuhi seperti jumlah yang ditetapkan oleh KIP, maka pasangan Zulfikar bersama Isramudi Al Usmani disampaikan tidak memenuhi syarat," ungkapnya.

Komentar

Loading...