Unduh Aplikasi

Di Akhir Masa Tugas, Seluruh Anggota DPRK Aceh Barat Lakukan Studi Banding

Di Akhir Masa Tugas, Seluruh Anggota DPRK Aceh Barat Lakukan Studi Banding
Gedung DPRK Aceh Barat. Foto: Net

ACEH BARAT - Sebanyak 25 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Barat periode 2014-2019 mengakhiri masa tugasnya dengan melakukan studi banding. Para wakil rakyat itu melakukan studi banding ke Deli Serdang, Sumatera Utara, DKI Jakarta, Makasar, Sulawesi Selatan dan Banda Aceh. Perjalanan para anggota DPRK itu dibagi menjadi empat kelompok tugas. Studi banding sejak 23 Juli lalu hingga 27 Juli 2019.

Sektaris Dewan DPRK Aceh Barat, Muliadi mengatakan, kegiatan perjalanan para anggota DPRK itu murni studi banding, bukan plesiran diakhir masa tugas.

"Mereka belajar di empat kota itu, tentang pengelolaan APBK dan program kerja pemerintahan, untuk menjadi rujukan bagi Aceh Barat," kata Muliadi, Sabtu (27/7).

Muliadi menjelaskan 25 anggota DPRK yang mengunjungi empat kota itu, dibagi empat kelompok diantaranya, ada yang ke Makasar, Jakarta, Deli Serdang dan Banda Aceh, dengan jumlah satu kelompok variatif dari empat hingga tujuh orang.

Ke Makasar, para anggota DPRK itu belajar mengenai pengelolaan pariwisata, sehingga mampu menggenjot Pendapatan Asli Daerah (PAD). Sementara ke DKI Jakarta, kata Muliadi, para anggota DPRK mempelajari terkait dengan pelayanan kesehatan terutama pelayanan kesehatan rumah sakit.

"Kalau yang Deli Serdang mereka belajar cara menggenjot PAD disisi perhubungan. Yang di Banda Aceh mereka belajar ke Pemerintah Aceh terutama ke BPBA terkait penanganan kebencanaan, dan ke Bappeda Aceh belajar perencanaan," ungkapnya.

Ia menambahkan apa yang dipelajari para anggota dewan itu akan diimplementasikan pada pembahasan anggaran perubahan atau APBK-P Aceh Barat 2019 yang akan mulai dibahas, Senin (29/7).

"Dalam kunjungan kerja itu, anggota dewan didampingi anggota Sektariatan Dewan yang bertugas mendokumentasikan setiap kegiatan," ujarnya.

Iklan Kriyad

Komentar

Loading...